Walau Tak Bisa Targetkan 10 Ribu Langkah Perhari, Anda Tetap Bisa Sehat

Share

Target 10 ribu langkah setiap hari masih banyak diyakini menjadi patokan pola hidup sehat. Sayangnya rata-rata orang sangat repot untuk memenuhi itu. Lalu bagaimana cara kita agar tetap bugar?. Suatu riset di Oregon State University menyebutkan kalau jumlah langkah tak perlu jadi patokan secara mutlak. Setiap orang tetaplah dapat hidup secara sehat meskipun tak dapat penuhi target 10.000 langkah perhari.

Pasti ada syaratnya. Bila seseorang cuma dapat mencapai 3 ribu langkah, maka ia tetaplah dapat sehat dengan mempercepat irama langkah kaki. Demikian pula dengan rutinitas duduk, mesti dikurangi juga supaya faktor resiko penyakit (seperti kolesterol) dapat diminimalisir.

” Langkah kaki semakin banyak berarti semakin baik, serta melangkah dengan irama lebih cepat dalam kurun waktu tertentu merupakan suatu keuntungan, ” ungkap John Schuna Jr yang melaksanakan riset ini, seperti dilansir oleh Sciencedaily, pada Senin (17/10).

Irama langkah kaki yang disarankan untuk orang dewasa yaitu 11 langkah permenit, dengan total 150 menit setiap minggunya. Ukuran 100 langkah per menit ini dikategorikan sebagai kegiatan kebutuhan fisik dengan intensitas yang sedang.

Dalam riset itu, tercatat irama langka tercepat yang dicapai oleh para partisipan yaitu cuma 96 langkah per menit. Sebagian partisipan dengan irama langkah kaki pada 70-80 langkah per menit tetaplah dapat mempunyai nilai yang bagus pada beberapa indikator hidup sehat.

Berita Pilihan Lainnya

Tinggalkan komentar