Hanya di Bali, Ada Pura di Bawah Laut

Share

Berita Wisata – Teluk Pemuteran Bali bukanlah alam bawah laut yang biasa. Para wisatawan diver bukan melihat terumbu karang, melainkan pura yang tenggelam. Berlokasi di Teluk Pemuteran, Singaraja, terdapat pura tenggelam yang menarik minat para diver. Dari Denpasar, lokasinya pun dapat ditempuh dengan berkendara sekitar tiga jam.

Keberadaan pura bawah laut itu pun pertama kali bikin gempar pada tahun 2010 silam ketika fotonya tersebar via Twitter. Kala itu, tak sedikit orang yang menganggap pura tersebut sebagai peninggalan kerajaan bawah laut Atlantis yang melegenda. Namun usut punya usut, pura tersebut bukanlah bagian dari kerajaan melainkan sengaja ditenggelamkan. Wisatawan pun menyebutnya dengan nama Taman Pura.

Dilansir detikTravel dari BBC, Kamis (13/4/2017) diketahui kalau foto-foto tersebut berasal dari blog pribadi seorang bernama Paul Turley. Pria Inggris itu pun diketahui sebagai pemilik perusahaan selam PT Sea Rovers yang berada di Bali.

Dijelaskan oleh Paul, ia memang sengaja memasang foto-foto itu di blognya pada Mei 2009 silam untuk memperlihatkan indahnya terumbu karang buatan yang bernama Taman Pura tersebut pada para wisatawan pecinta wisata selam.

Dituliskan juga oleh Paul di laman blognya, kalau Taman Pura ditenggelamkan pada tahun 2005 sebagai bagan dari proyek konservasi terumbu karang. Proyek itu pun melibatkan pemilik hotel, nelayan, jasa agen penyelaman, ilmuwan, serta penggiat konservasi lingkungan. Selain untuk tujuan konservasi, proyek ini juga punya nilai ekonomi dan pariwisata.

Apabila ingin diving, kamu pun bisa menyambangi pura bawah air ini lewat jasa agen penyelaman Sea Rovers dan Reef Seen Bali. Kamu akan dibawa ke kedalaman 5-30 meter, dengan visibilitas antara 5-20 meter. Namun tidak hanya bisa melihat Taman Pura, kamu juga bisa menjumpai patung Buddha dan Ganesha yang juga sengaja ditenggelamkan. Patung itu pun merupakan karya pengrajin setempat dan bukan artefak sejarah.

Walaupun Taman Pura bukan proyek yang terhitung baru, namun namanya masih awam di kalangan wisatawan. Padahal, Taman Pura masuk dalam Top 10 Underwater Sights dalam buku ‘Lonely Planet: 1000 Ultimate Sights’. Jika kamu mengaku sebagai pecinta diving, Taman Pura tentu bisa masuk dalam daftar tempat yang harus diselami di Bali. Di mana lagi bisa melihat Pura di bawah laut?

Berita Pilihan Lainnya