Menyelamatkan Terumbu Karang Gunakan Bangkai Kapal

Share

Bos maskapai penerbangan Virgin Airlines, Richard Branson, belum lama ini meluncurkan proyek seni sekaligus pemeliharaan lingkungan di Kepulauan Virgin Britania Raya, Karibia. Dilansir dari Travel and Leisure pada Sabtu (15/4), proyek itu dinamakan ‘BVI ArtReef’. Dalam proyek itu, Branson menenggelamkan kapal Kodiak Queen, yang menjadi saksi bisu dalam peristiwa Pearl Harbor pada 1941.

Kapal Kodiak Queen akan menjadi habitat baru bagi makhluk laut, sehingga kawasan perairan di Kepulauan Virgin Britania Raya akan tetap lestari. “Kapal ini memang akan menjadi bangkai besi di lautan. Tapi, lama kelamaan, habitat baru akan hidup di dalamnya,” kata Branson, melalui keterangan resmi yang dirilis.

“Ini menjadi cara yang unik untuk mengingatkan orang betapa pentingnya mencegah kerusakan iklim serta menjaga kelestarian kehidupan bawah laut,” lanjutnya.  Tak hanya Kodiak Queen, selanjutnya Branson juga akan menenggelamkan beberapa benda bersejarah lain di kawasan perairan tersebut.

Di Kepulauan Virgin Britania Raya, ia membangun resor mewah yang menjadi langganan para publik figur untuk berlibur. Beberapa bulan yang lalu, mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, diketahui berkunjung ke sana bersama sang istri, Michelle Obama.

Berita Pilihan Lainnya