Dovizioso Trauma Usai Kecelakaan

Share

Andrea Dovizioso yang menjadi rival berat Marc Marquez harus puas dengan posisi start ke-11 di MotoGP Phillip Island, Minggu (22/10/2017). Akan tetapi, Dovi mengaku kehilangan feeling yang baik di kualifikasi usai kecelakaan di sesi latihan bebas terakhir.

Pebalap asal Italia itu terjatuh di tikungan 10, Meski tidak mengalami cedera, namun kecelakaan ini cukup mengganggu suasana hati Dovizioso saat kualifikasi terganggu. Akhirnya mantan pebalap Repsol Honda ini harus puas start di posisi 11.

“Ini merupakan konsekuensi dari kecelakaan. Jika kami memeriksan kecepatan kemarin dan hari ini, itu cukup baik. Hanya ada beberapa pebalap yang memiliki kecepatan yang baik saat menggunakan ban medium, yakni saya, Marquez, dan Johann Zarco,” kata Dovi yang dilansir Motorsport.

Menurut Dovi, Phillip Island memiliki karakter sirkuit yang aneh. Karena itu butuh rasa percaya diri yang tinggi saat melesat, terutama di tikungan.

“Jika anda tidak memiliki feeling yang benar-benar bagus, sangat mudah untuk kehilngn 0,1 detik di tiap tikungan, dan itulah yang terjadi (saat kualifikasi). Dengan feeling yang buruk, saya melakukan tiga kesalahan pada lap tercepat, padahal saya mampu membuat catatan yang lebih baik,” ucap Dovi.

Sebelum jatuh, Dovi tampil apik dan kompetitif. Namun saat tikungan 10, ia kehilangan kendali yang membuatnya tersungkur dan terseret hingga ke luar lintasan.

 Menurut Dovi, salah satu penyebab insiden tersebut akibat cengkraman ban depan yang tidak baik ketika melakukan pengereman.

“Hanya temperatur yang tidak cukup panas dengan ban medium. Saya selalu merasa di tikungan 4 dan 10 adalah batas di setiap putaran, menanjak dan menurun. Pada momen tiu, anda tidak akan bisa maksimal dengan kondisi ban yang suhunya tidak sempurna,” ucap Dovi.

Berita Pilihan Lainnya