Masuk Superpole 2 WSSP 300, Galang Hendra Cetak Top Speed Terbaik

Share

Pembalap Yamaha Racing Indonesia (YRI), Galang Hendra Pratama, menunjukkan performa yang impresif dalam latihan bebas dalam ajang balap FIM World Supersport 300 (WSSP 300) di Jerez, Spanyol. Galang yang berstatus wildcard tersebut berhasil menempati posisi ke-4 dengan catatan waktu yang lebih cepat 0.802 detik sekaligus mencetak top speed terbaik 187,6 kilometer per jam.

“Saya senang dengan hasil sesi latihan hari ini. FP2 saya memaksimalkan semua sektor dan masuk top lima besar. Terima kasih untuk Yamaha & semua kru tim Motoxracing. Untuk Superpole 2, saya sudah mempunyai rencana bersama tim agar berada di depan. Mohon doa dan dukungannya untuk merah putih Semakin Di Depan,“ kata Galang Hendra dalam keterangan tertulisnya, Sabtu, 21 Oktober 2017.

Galang bersama dengan 6 pembalap Yamaha bLU cRU siap beraksi pada seri ke-9 atau final dari ajang balap FIM World Supersport 300 ini. Kondisi cuaca saat latihan bebas 1 dan 2 (FP1 dan FP2) pada Jumat, 20 Oktober 2017, berlangsung cerah dengan kecepatan angin tinggi. Dalam sesi latihan bebas pertama, Galang Hendra meraih catatan waktu 1 menit 57.142 detik dan menempati posisi 11.

“Pertama kali di sirkuit Jerez ini dengan Yamaha YZF-R3. FP1, saya berusaha mengenal sirkuit, juga mencoba beberapa setting-an terutama pada perbandingan final gear,” ujar Galang Hendra sesaat setelah selesai FP1.

Trek Jerez merupakan lintasan yang terletak di Jerez de la Frontera, Spanyol. Dibuka pada 1985 dan menjadi tuan rumah perlombaan WorldSBK pertamanya pada 1990. Termasuk menjadi langganan venue balap MotoGP. Sirkuit Jerez memiliki trek lurus sepanjang 600 meter dengan total panjang trek 4.423 meter. Terdiri atas 13 tikungan, 8 ke kanan & 5 ke kiri. Layout-nya menantang dengan gabungan high speed cornerslow hairpain/corner, dan perubahan elevasi konstan.

Berdasarkan hasil kombinasi dua sesi latihan bebas, Galang Hendra berada di posisi 5. Adapun 10 pembalap yang melaju ke babak penentuan grid-start (Superpole 2) adalah Bonoli, Coppola, Garcia, Gonzalez, Galang Hendra, Derque, Schotman, Rusmiputro, De La Vega, dan Valle. Sesi ini memperebutkan posisi start dari 1-12 bersama 2 pembalap tercepat pada sesi Superpole 1.

“Di FP1 tim mendapatkan beberapa data pada setiap segmen atau sektor. Dari data per sektor, tim dan Galang mencari optimalisasi baik rider maupun set-up motor. Kami berharap hasil Superpole 2 nanti memperoleh output yang baik untuk menentukan grid start,” ujar Kadek Suma, Divisi Motorsport YIMM, yang mendampingi Galang Hendra dalam mengikuti kejuaraan World Supersport 300 ini.

Berita Pilihan Lainnya