Benarkah Minum Susu Berlebihan Bisa Picu Batu Ginjal? Ini Jawabannya

Share

Salah satu sumber kalsium yang baik bagi kesehatan tubuh, yaitu susu. Minuman ini memang banyak orang yang mengonsumsinya setiap hari. Akan tetapi, apakah terlalu banyak minum susu baik untuk kesehatan?.

Menurut Dr. Michael Triangto, Sp.KO, mengatakan, bahwa minum susu dibutuhkan segala usia. Pada anak-anak, susu dibutuhkan untuk pembentukan dan perkembangan tulang. Sementara, pada orang dewasa susu dapat membantu memenuhi kebutuhan kalsium dan membantu mencegah osteoporosis.

Namun, lanjut Dr. Michael, terlalu banyak minum susu ditambah asupan kalsium yang berlebihan dapat menimbulkan masalah kesehatan, seperti penyakit ginjal.“Minum susu juga harus diperhatikan, apakah selain minum susu orang tersebut juga mengonsumsi makanan lain yang banyak mengandung kalsium. Kalau berlebihan, ini bisa menimbulkan batu ginjal,” ujarnya.

Bahkan saat ini, banyak orang yang mengonsumsi susu dan suplemen kalsium agar terhindar dari tulang keropos. Hal ini tentunya akan membuat asupan kalsium menjadi berlebihan dan akan menumpuk di ginjal. Terlebih jika orang tersebut mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium, seperti keju, alpukat dan brokoli.

“Kebutuhan kalsium seseorang berbeda-beda. Untuk mengetahui sebanyak apakah kalsium yang dibutuhkan oleh individu, sebaiknya melakukan pemeriksaan Bone Mineral Density (BMD),” ucapnya.

Selain itu, dengan melakukan pemeriksaan BMD, menjaga kesehatan tulang akan lebih optimal karena mengetahui secara pasti kondisi tulang dan dokter akan memberi arahan tentang cara menjaga agar tulang tetap sehat dan terhindar dari penyakit tulang.

Berita Pilihan Lainnya