Tidak Boleh Pelihara Kucing saat Hamil, Fakta atau Mitos?

Share

Banyak orang yang merasa tidak berani memelihara kucing saat sedang mengandung. Beberapa menganggap hal itu bisa memberikan penyakit atau mengganggu kesehatan si kecil dalam kandungan. “Sebenarnya yang dikhawatirkan para ibu hamil itu terkena toksoplasma dan rubella,” kata Dokter hewan Angela Maharani di Jakarta Jumat 24 November 2017.

Toksoplasma adalah infeksi pada manusia yang ditimbulkan oleh parasit Toxoplasma gondii (T. gondii). Rubella adalah infeksi virus yang ditandai dengan ruam merah berbentuk bintik-bintik pada kulit.

Menurut Angela, parasit toksoplasma tidak hanya ada pada kucing. Parasit itu banyak terdapat di semua daging hewan baik dari unggas maupun mamalia. Di kucing, parasit itu biasanya masuk ke kucing karena kucing makan daging mentah. “Karena dimakan kucing, maka tokso itu akan keluar dari feses kucing setelah kucing pup atau buang air besar,” katanya.

Sebagai pemilik kucing, tentunya manusia membersihkan feses kucing. Bisa saja parasit dari kotoran kucing itu menempel di tangan manusia yang terbiasa memakan tanpa cuci tangan. Cara lain perpindahan parasit Toksoplasma yang ada di feses kucing ke manusia adalah melalui bulu kucing. “Hal itu hanya terjadi bila si majikan orangnya kotor karena jarang membersihkan kandang dan litter box kucing,” kata Angela.

Angela mengatakan sebenarnya yang utama untuk terhindar dari terjangkitnya penyakit toksoplasma dan rubella adalah menjaga kebersihan, termasuk kebersihan hewan. Ia menyarankan agar litter box sebaiknya dibersihkan setiap enam jam sekali. Ia pun sangat menganjurkan agar majikan sering mencuci tangan terutama saat hendak makan. Selain itu, ada baiknya para pemilik hewan ini berkonsultasi dengan dokter terkait manajemen kesehatan kucing. “Penting untuk para majikan memelihara manajemen kesehatan, manajemen pakan, dan manajemen peliharaan. Bila hewan kita sehat, kita pun akan sehat,” kata dokter yang memiliki dua anak dan memelihara beberapa kucing sejak saat mengandung dulu.

Alih-alih mengkhawatirkan memelihara kucing saat mengandung, Angela lebih menyarankan agar para ibu hamil memperhatikan asupan mereka saat hamil. Sebaiknya para ibu yang sedang mengandung menghindari makanan daging setengah matang dan mentah. “Coba deh, hindari makanan raw food, terutama sate, steak, sushi dan telur setengah makan,” katanya

Berita Pilihan Lainnya