Home Lifestyle 5 Fakta Tentang Tahun Baru Cina Yang Tak Penah Anda Ketahui

5 Fakta Tentang Tahun Baru Cina Yang Tak Penah Anda Ketahui

237
0

Tahun Baru Cina dirayakan oleh lebih dari 20% penduduk dunia. Ini adalah hari libur paling penting di Cina dan bagi semua orang-orang berketurunan Cina di seluruh belahan bumi.

Di negara Cina sendiri, perayaan ini sering disebut Perayaan Musim Semi.

Berikut adalah 5 fakta menarik yang mungkin tidak Anda ketahui tentang Tahun Baru Imlek.

1. Tahun Baru Cina menyebabkan migrasi manusia terbesar di dunia

Bagian terpenting dari Tahun Baru Cina adalah reuni keluarga. Semua orang harus pulang ke rumah untuk makan malam Tahun Baru.
Tetapi karena di Cina kini sudah modern, kebanyakan orang tua lanjut usia tinggal di desa-desa sementara anak-anak mereka bekerja di kota. Migrasi ke rumah dan pergi berlibur disebut chunyun (春运), atau Migrasi Musim Semi.

Pada musim ini, anda dapat membeli tiket kereta pada 60 hari sebelumnya. Dan orang orang akan sangat berebut untuk mendapatkan tiket tersebut. Pada tahun 2015, info statistik menunjukkan bahwa sekitar 1.000 tiket terjual setiap detik.


2. Para lajang menyewa pacar palsu untuk dibawa pulang

Anda tahu kerabat yang usil dan selalu melontarkan pertanyaan nyinyir selama Thanksgiving? Ternyata pada budaya China ini lebih buruk! Terutama jika anda memiliki anak yang masih lajang. Karena mewariskan nama keluarga adalah salah satu bagian terpenting dalam budaya Cina.

Lalu beberapa pemuda yang lajang dan putus asa memutuskan mencari tempat menyewa pacar palsu atau pacar untuk dibawa pulang. Terkadang mereka yang tidak bisa (atau tidak mau) pulang bisa menyewakan diri mereka untuk dibawa pulang ke kampung halaman si penyewa.

3. Dilarang mandi, menyapu, atau membuang sampah!

Mandi tidak diizinkan di Hari Tahun Baru. Menyapu dan membuang sampah tidak diizinkan sebelum tanggal 5 Februari. Ini untuk memastikan Anda tidak menghilangkan keberuntungan!

Kebanyakan Salon Rambut Tutup Karena Mencukur Dilarang Saat Imlek

Di sisi lain, ada sehari sebelum Festival Musim Semi yang dikhususkan untuk pembersihan. Hari ini adalah hari dimana kita bisa menyapu nasib buruk dan menyediakan ruang untuk kebaikan.

4. Anda makan dumpling untuk setiap makan, setiap hari.

Yah, secara budaya seharusnya seperti itu. Tetapi tidak banyak orang melakukannya lagi karena Anda pasti memiliki banyak makanan enak. Jadi kebanyakan orang akan dumpling selama malam Tahun Baru sedangkan yang lainnya akan makan dumpling untuk sarapan pertama.

Dumpling

Bertentangan dengan kepercayaan, sebenarnya dumpling tidak populer di Cina. Hanya di beberapa daerah utara saja. Di Selatan, orang lebih suka makan lumpia (telur gulung) dan bola nasi ketan dalam sup yang disebut tangyuan (汤圆)

5. Tahun zodiak Anda adalah nasib buruk

Tahun benming Anda (本命 年 —běn mìng nián) adalah tahun binatang zodiak Anda. Dan dari siklus 12 tahun, tahun itu adalah yang paling sial bagi Anda.
Ada beberapa penjelasan untuk ini. Orang Cina percaya bahwa anak-anak dapat dengan mudah ditangkap oleh setan. Dan tahun kelahiran Anda adalah tahun kelahiran kembali Anda.

Selama tahun ini, senjata pertahanan Anda adalah warna merah. Sama seperti Anda bisa mendekorasi rumah Anda dengan warna merah untuk perlindungan dan keberuntungan, Anda juga bisa mengenakan pakaian merah. Banyak orang akan memakai pakaian dalam merah setiap hari sepanjang tahun. Lainnya menambahkan kemeja merah, celana, perhiasan, sol dan banyak lagi!

Menarik bukan? Indonesia menjadi salah satu negara yang paling sering turut serta dalam perayaan festival Imlek.

Pastikan Anda mengunjungi parade imlek, tarian singa barongsai, pelepasan lentera lampion, kembang api, dan menikmati makanan menakjubkan!