Home Sport Achmad Zaky, Pendiri Bukalapak, Membuat Pendukung Jokowi Geram

Achmad Zaky, Pendiri Bukalapak, Membuat Pendukung Jokowi Geram

704
0

Achmad Zaky, pendiri sekaligus CEO Bukalapak diprotes habis-habisan oleh para pendukung Jokowi. Pasalnya, dalam cuitan terakhir di akun Twitternya, Achmad Zaky, pemuda asal Solo itu secara tak langsung mengeritik anggaran pemerintah yang terlalu minim bagi riset dan pengembangan (r&d).

Menurutnya, pada tahun 2016 saja, Indonesia hanya menganggarkan uang sebesar US$ 2 miliar untuk bidang tersebut, padahal negara-negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia telah menganggarkan kisaran 10 miliaran dollar bagi pengembangan riset di negara masing-masing.

Cuitan Achmad Zaky, wong Solo, ternyata mengundang protes karena ternyata data yang digunakan adalah data tahun 2013 atau 2010.

Namun yang lebih membuat geram kelompok pro Jokowi adalah saat di tweet Achmad Zaky menuliskan harapannya agar presiden baru (Prabowo Subianto) mampu menaikkan anggaran tersebut. Tak hanya itu, Achmad Zaky juga menyebut industri 4.0 itu sebuah omong kosong.

Seorang netizen pro Jokowi juga menganggap Achmad Zaky tak tahu berterima kasih karena Pak Jokowi selama ini selalu mempromosikan industri kreatif dan startup dalam negeri. Bahkan beberapa netizen juga menghimbau untuk meng-uninstall Bukalapak.

Untungnya, tak lama berselang, Achmad Zaky pun buru-buru minta maaf. Ia juga mengatakan bahwa Jokowi seperti ayahnya sendiri. Dirinya juga menjelaskan dalam cuitannya tersebut bahwa dalam beberapa tahun mendatang, investasi tinggi sangat dibutuhkan untuk pengembangan SDM.