Home Lifestyle Air Juga Perlu Di Sayang Lho Bukan Cuma Gebetan !

Air Juga Perlu Di Sayang Lho Bukan Cuma Gebetan !

6
0
Menghemat Cadangan Air Untuk Masa Depan

Air adalah sumber kehidupan untuk kita, terkadang kita tidak peka dengan sumber daya yang satu ini. Jika tidak ada di cari, jika ada terbuang sia-sia . Kasian banget jadi air.

Oh ia, kalian tahu kan bahwa cadangan air kita sudah sangat menipis, huhu menyedihkan bukan? Kita nih harus benar-benar peka terhadap lingkungan, khususnya air. Gebetan kamu aja di sayang-sayang masa kamu ga sayang sama air sih? Untuk tampil wangi di depan gebetan perlu mandi, jadi kalian harus lebih sayang air dengan cara menghematnya.

Berikut adalah beberapa tips, bagaimana kamu bisa melakukan penghematan air di rumah dengan cara yang sederhana, oke beb mari kita simak …

1.Matikan Air Saat Sikat Gigi 

Matikan Air saat sikat gigi

hmm dalam point ini, kita terkadang suka tidak peka. Entah lupa? atau sudah menjadi kebiasaan buruk untuk malas mematikan air ketika gosok gigi?! Rasa-rasanya seperti ada sesuatu hal yang seksi ketika menggosok gigi dan tidak menutup keran.

Ternyata, ini adalah dampak terbesar kita buang-buang air lho gais. Walaupun kita menggangep tidak banyak yang terbuang, seperti mandi, atau yang lain. Coba bayangin, ada berapa banyak orang yang melakukan hal itu dalam satu komplek perumahan di sekitar kamu? Ditambah jika dalam satu kota kota? Atau satu negara? Waah, banyak sekali. Gak kebayang deh kaya gimana rasanya jadi air, kehadiranya di harapkan tetapi selalu di sia-siakan. Menurut NC State University menutup keran selagi kita gosok gigi, dapat menghemat air sebanyak 200 galon selama sebulan.

2. Gunakan Material Yang Ramah Lingkungan

Material kamar mandi yang ramah lingkungan

Wah, ternyata material kamar mandi juga bagian penting kita untuk menghemat air lho gais. Udah tahu belum kenapa harus memilih material kamar mandi yang ramah lingkungan? Karena menurut US EPA, pilihlah keran dan shower yang dapat mengatur suhu otomatis dan sistem aliran terintergrasi. Banyak shower yang mengeluarkan 5 liter – 9,5 liter air permenit. Wah, sangat membuang – buang air dong ya gais kalau kita salah memilih material kamar mandi, coba di liat lagi keran sama shower di rumah sudah ramah lingkungan atau belum nih? Kalau belum, segera ganti dengan yang ramah lingkungan yaaa…

Gak rugi ko untuk bisa menjaga lingkungan ini agar tetap indah dan asri, cadangan air untuk masa depan anak cucu kita nanti. Jadi, di mulai dari hak – hal kecil dulu yuk !

Ciri-ciri Material Kamar Mandi Yang Ramah Lingkungan
1. Mengatur Aliran Air
2. Mengatur suhu tak lebih dari 38 derajat
3. Handle keran mampu menghemat energi lebih besar
4. Saluran air terintergrasi sehingga mengurangi limbah air
5. Bukaan depan keran dapat menyediakan air dingin untuk mengindari
sistem boiler yang tidak di sengaja demi menghindari emisi CO2

3.Pilih Kloset Dengan Penyiram Ganda (dual-fush)

Kloset penyiraman ganda

Seperti yang di bahas di point ke dua nih gais, harus memilih yang ramah lingkungan. Menurut US EPA juga nih, mengatakan bahwa ketika kita menggunakan kloset penyiraman ganda ini, dapat menyiram sebanyak 6 liter air. Hal ini dapat menghemat 3 – 4 kali dari kloset biasa. Padahal hal sepele ini saja bisa menjadi dampak besar bagi air ya?

Hmm, coba bayangin jika kloset kalian tidak menggunakan penyiraman ganda ini? pasti, sudah lebih dari 18liter air yang kalian buang hanya untuk urusan perut saja. Weleh… 18 liter air bersih sangat berharga lho gais, bagi temen kita yang tidak mendapat akses air bersih.

Mulai dari sekarang, yuk kita mulai peduli terhadap lingkungan. Khususnya Air, karena air adalah sumber daya alam yang tingkat kebutuhannya sangat berpengaruh bagi mahluk hidup.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here