Home News Akhirnya Australia Mengakui Presiden Venezuela Yang Baru

Akhirnya Australia Mengakui Presiden Venezuela Yang Baru

199
0

Di tengah upaya lobi pemerintah Amerika Serikat yang nampak aktif melobi negara-negara lain untuk tidak mengakui presiden Venezuela, Nicolas Maduro, berita mencengangkan datang dari negara tetangga Indonesia yaitu Australia.

Menteri Luar Negeri Australia Marise Payne menyatakan secara terang-terangan jika pemerintahnya telah mengakui Juan Guaido sebagai presiden sementara hingga digelarnya pemilu presiden di masa mendatang.  

Menurut Menlu Australia tersebut negaranya meminta untuk dilakukannya proses transisi Venezuela ke arah yang lebih demokratis dalam kurun waktu secepat mungkin.

Seperti diketahui Juan Guaido, yang juga merupakan Ketua Majelis Nasional Venezuela, sekaligus oposisi pemerintah, hari Rabu kemarin telah mengumumkan dirinya sebagai Presiden Venezuela yang sah di hadapan para pendukungnya. Tak ayal lagi, deklarasi tersebut segera disambut secara hangat oleh Amerika Serikat, Canada dan beberapa negara lainnya, yang diikuti dengan pengusiran para diplomat AS dari kota Caracas, ibukota Venezuela.  

Dan negara terakhir yang mengakui Juan Guaido sebagai presiden sah Venezuela adalah Australia.