Home News Akibat Sering Diprotes, Belanjaan Jokowi Jadi Sedikit

Akibat Sering Diprotes, Belanjaan Jokowi Jadi Sedikit

547
0

Masih ingat dengan kasus pembelian sabun cuci piring  di kota Garut, Jawa Barat yang menghabiskan miliar rupiah oleh Presiden Joko Widodo beberapa hari silam?

Ternyata skandal tersebut mengundang pihak Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) untuk menelusuri sumber uang tersebut. Tidak hanya itu, kubu pemenangan Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno juga ikut-ikutan menyoroti ketidakjelasan sumber dana dimaksud.

Padahal sebelumnya, Pramono Anung, Sekretaris Kabinet menegaskan dana miliaran untuk membeli sabun itu merupakan dana dari tim kampanyenya. Rencananya, sabun-sabun itu akan dibagi-bagikan.

Akibatnya, Presiden Joko Widodo nampak akan berhati-hati bila ingin membeli dan memborong suatu produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah pada saat kunjungan kenegaraannya.

 Contohnya pada hari Jum’at lalu, mantan orang nomor satu DKI tersebut sempat memborong berbagai cemilan tradisional seperti dendeng daun singkong, salak kering dan lain-lain di alun-alun kota Bekasi, provinsi Jawa Barat . Dikabarkan  total belanjaannya tak lebih dari 200 ribu rupiah saja.  

Di Kemayoran, Jakarta Pusat pun  Jokowi hanya membeli usaha kerajinan tangan seperti kesetan tradisional seharga kurang lebih 100 ribu-an rupiah  dan cemilan kerupuk kerang hijau seharga kurang lebih 150 ribu-an rupiah.

Terakhir saat  Bapak Jokowi dan Ibu Negara pergi berkunjung ke kabupaten Magetan, provinsi Jawa Timur, ibu negara sempat memborong cemilan kuping gajah berwarna coklat putih, cemilan favorit sang cucu kesayangan, Ethes.