Home Bisnis Amankah Sepeda Motor Masuk Jalan Tol?

Amankah Sepeda Motor Masuk Jalan Tol?

72
0


Wacana sepeda motor boleh melintasi jalan tol tengah menjadi buah bibir. Sejak diutarakan oleh Ketua DPR Bambang Soesatyo pada Minggu (27/1) wacana ini semakin ramai diperbincangkan. Pemerintah pun tengah membahas regulasi jika memang akhirnya hal ini benar-benar diterapkan secara menyeluruh.

Sepeda motor masuk tol sendiri sebenarnya sudah berlaku di beberapa tempat. Misalnya saja di tol Suramadu, Jawa Timur dan tol Bali Mandara, Bali. Di dua tol tersebut sepeda motor bisa melenggang bebas di jalur yang sudah disediakan.

Berbagai pihak pun angkat bicara terkait hal ini. Menurut kacamata Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Sugiyarto, ada beberapa faktor penting yang harus dipertimbangkan. Jika memang sepeda motor diijinkan, keselamatan dan kesehatan pengendara harus benar-benar diperhitungkan.

Hal tersebut termasuk lebar jalan yang harus cukup menampung mobil dan sepeda motor secara bersamaan. Ini untuk mengantisipasi adanya potensi kecelakaan lalu lintas. Selain itu, tarif dan sarana akses keluar masuk kendaraan juga perlu diperhitungkan.

Berbeda dengan Sugiyarto, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setyadi langsung tidak setuju dengan hal tersebut. Menurutnya, sepeda motor masuk tol justru akan membahayakan pengendara.

Dalam pandangannya, jalan tol dibuat untuk pengendara mobil berkecepatan tinggi dengan jarak tempuh jauh. Jika sepeda motor juga ikut menggunakannya dengan kecepatan tinggi tanpa batas pengaman tentu membahayakan. Dia pun menyebut jika sepeda motor masih mungkin masuk ke jalan tol pendek seperti Suramadu dan Bali Mandara.

Hal senada diungkapkan Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI). Ketua Harian YLKI Tulus Abadi menyebut jika basis utama dalam berkendara adalah keamanan. Sedangkan memperbolehkan sepeda motor masuk tol sama dengan menyodorkan korban fatal kecelakaan lalu lintas yang melibatkan pengendara sepeda motor.