Home News Beberapa Prestasi Menggembirakan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI

Beberapa Prestasi Menggembirakan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI

143
0

Anggaran pendidikan yang cukup besar hingga mencapai 20% dari total Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Republik Indonesia tentunya menjadi kesempatan emas bagi para pemegang kebijakan bidang pendidikan dan pengajaran untuk memformulasikan strategi-strategi tepat sasaran bagi peningkatan mutu pendidikan di dalam negeri, termasuk pendidikan tinggi.

Terkait hal ini, dalam seminar yang diadakan oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) di Indonesia yang diselenggarakan pada hari ini dengan mengambil tajuk Penyiapan Sumber Daya Manusia Milenial Indonesia Kreatif, Inovatif dan Berdaya Saing Tinggi, Bapak Menteri Ristekdikti Mohamad Nasir sempat mempresentasikan berbagai prestasi pendidikan tinggi di Indonesia selama ini yaitu sepanjang tahun 2018 yang mengalami peningkatan cukup menggembirakan.

Pencapaian yang pertama adalah semakin membaiknya akses perkuliahan di perguruan tinggi bagi seluruh masyarakat Indonesia di manapun mereka berdomisili.

Menurutnya dibandingkan tahun sebelumnya yaitu tahun 2017, maka pada tahun 2018 warga Indonesia yang mengikuti bangku perkuliahan sudah mencapai 34,5 persen lebih dimana pada tahun 2017 hanya mencapai 33 persen lebih.

Pencapaian yang kedua adalah terlihat dari indikasi peningkatan jumlah calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu yang menerima beasiswa  pemerintah yang meningkat menjadi 367 ribu lebih daripada tahun sebelumnya yang hanya berjumlah 339 ribu orang.

Sementara itu, pencapaian ketiga yang juga sempat disinggung oleh bapak Menteri adalah jumlah perguruan tinggi yang memiliki akreditasi A sepanjang tahun 2018 telah mencapai jumlah yang cukup menggembirakan yaitu  85 perguruan tinggi, dibandingkan dengan tahun 2017 yang hanya mencapai 65 perguruan tinggi saja.

Tak hanya cukup hingga disini, Indonesia juga mampu memasukkan tiga universitas terbaiknya ke dalam ranking empat ratus universitas terbaik dunia berdasarkan penilaian dan evaluasi QS World University yang diketahui selalu merilis peringkat pada berbagai perguruan tinggi di dunia setiap tahunnya.

Dan yang terakhir, pencapaian kementeriannya terefleksi melalui peningkatan daya saing Indonesia di mata internasional yang cukup signifikan di mana posisi negara Indonesia telah naik sebanyak tiga tingkat pada tahun 2018 ke ranking 36, dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya menduduki ranking 41.