Home News BMKG Adakan Sekolah Bagi Nelayan, Apa Hubungannya?

BMKG Adakan Sekolah Bagi Nelayan, Apa Hubungannya?

2005
0

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengadakan program Sekolah Lapang bagi para nelayan di provinsi Jawa Timur yang bertujuan untuk memberikan pemahaman seputar cuaca.

Acara yang digelar di hotel Sofia, Juanda, Jawa Timur ini menghadirkan Deputi Bidang Meteorologi BMKG Pusat, Bapak Mulyono Rahadi Prabowo sebagai pembicara.

Dalam acara BMKG tersebut, Mulyono mengatakan bahwa jika masyarakat sudah terbiasa dengan informasi cuaca yang biasanya diumumkan oleh BMKG, masyarakat termasuk para nelayan tidak akan mengalami kesulitan.

Menurutnya lagi, para nelayan biasanya lebih suka informasi dari BMKG yang lebih simpel dan mudah dicerna seperti  memastikan apakah mereka akan aman jika pergi melaut. Selain itu, Mulyono juga menegaskan bahwa acara paparan itu tidak hanya digelar di dalam ruangan, tapi juga di luar ruangan.

Menariknya lagi, Mulyono juga menghimbau agar Unit Pelaksana Teknis (UPT) dapat menyampaikan informasi tersebut dengan menggunakan bahasa lokal supaya lebih bisa dipahami dan dipraktekkan.

Ketika ditanyakan kepada para nelayan peserta, mereka kini jadi paham bagaimana cara membaca prakiraan cuaca yang disampaikan oleh BMKG setiap harinya, padahal sebelumnya mereka mengakui sempat kesulitan menelaah data-data tersebut.

Sementara itu gempa 19 februari 2019 dan info bmkg malang hari ini berkekuatan 5,9 skala richter.