Home Lifestyle Cara-Cara Jitu Cegah Penyebaran Demam Berdarah di Kawasan Padat

Cara-Cara Jitu Cegah Penyebaran Demam Berdarah di Kawasan Padat

10
0

Beberapa hari belakangan ini, kita telah mendengar wabah demam berdarah telah menjangkiti sebagian wilayah di Indonesia.

Di musim hujan seperti saat ini, masyarakat sebaiknya dihimbau untuk lebih waspada menghadapi wabah penyakit DBD karena biasanya si nyamuk belang yang bernama Aedes Aegypti tersebut akan bersarang di tempat yang tergenang air. Genangan air akan sering muncul pada musim penghujan.

Menurut pakar entomologi, Warsito Tantowijaya, ada beberapa cara mudah menghindari penyebaran nyamuk berbahaya tersebut, yaitu diantaranya dengan menjaga cara hidup sehat yang mencakup pemeliharaan gizi seimbang dan penyeimbangan antara waktu bekerja dan istirahat. Olahraga juga akan dapat meningkatkan kebugaran sehingga akan meningkatkan daya tahan tubuh kita.

Selain itu, masih menurutnya, pemberantasan sarang nyamuk juga perlu dilakukan yang mencakup penutupan rapat-rapat penampungan air serta pengurasan dan pemusnahan benda-benda yang sudah tidak terpakai lagi.

Menurut beberapa pakar, penampungan air bahkan termasuk sumur dalam pun akan menjadi tempat potensial bagi sang nyamuk untuk menetaskan telur. Karena itulah, sangat dianjurkan untuk menutup rapat-rapat semua wadah yang berisi air bersih, termasuk kolam dan dispenser.

Bapak Warsito juga memaparkan bahwa pemakaian kelambu dan krim anti nyamuk akan memberikan perlindungan lumayan efektif dari serangan si nyamuk nakal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here