Home Lifestyle Di Acara Car Free Day, Masih Banyak Warga Yang Ogah Buang Sampah

Di Acara Car Free Day, Masih Banyak Warga Yang Ogah Buang Sampah

477
0

Indonesia termasuk negara yang paling mendapat kritikan dari masyarakat internasional akibat semakin menggunungnya jumlah sampah berbahan plastik yang dibuang di perairan seperti laut dan sungai.

Sayangnya, masyarakat pun seakan masih belum sadar akan kebersihan dan keelokan lingkungan sekitar, padahal mereka menyadari bahaya yang akan ditimbulkan akibat sampah yang tidak dikelola secara baik.

Fenomena  ini sayangnya terjadi juga pada kawasan jalan protokol di kota Jakarta, terutama di jalan Muhammad Husni Thamrin ketika warga Jakarta mengisi hari liburnya dengan berolahraga di acara Car Free Day atau dalam bahasa Indonesianya berarti Hari Bebas Kendaraaan Bermotor.

 Acara yang berlangsung setiap hari minggu dari pukul enam hingga sepuluh pagi ini, biasanya diisi dengan berbagai kegiatan menarik dan penyediaan pusat jajanan tradisional.

Namun pastinya masalah yang selalu menghadang adalah masalah sampah.

Iya berbagai jenis sampah masih terlihat berserakan di sepanjang jalan Jenderal Sudirman dan Thamrin. Para pengunjung nampak membuang sampah bukan pada tempatnya padahal puluhan tong sampah berukuran lumayan besar telah disediakan pihak pemerintah provinsi.

Sampah bekas konsumsi para warga yang tengah berolahraga dan bersantai ria nampak sedikit merusak keindahan kota Jakarta, terutama jalan protokol yang selama ini menjadi kebanggaan kota Jakarta. Beberapa dari mereka bahkan tak malu-malu lagi menaruh bungkusan sisa makanan di sisi jalan yang biasanya dilalui oleh busway tersebut.

Padahal seperti diketahui sebelumnya, pemerintah provinsi DKI Jakarta telah menerapkan peraturannya nomor 3 tahun 2013 beberapa tahun silam yang akan memberikan denda lumayan besar bagi siapa saja yang tertangkap basah membuang sampah di tempat yang tidak semestinya. Denda uang tersebut senilai Rp 500.000.

Seorang petugas kebersihan yang biasanya memakai seragam oranye mengeluhkan kekurangsadaran pengunjung Car Free Day. Pihaknya bahkan harus sampai menegur warga yang malas membuang sampah di tong-tong sampah yang dipasang tidak jauh dari mereka beristirahat.

Meskipun demikian, dirinya juga mengakui bahwa sebagian masyarakat juga pernah terlihat membantu pasukan oranye membuangkan sampah ke tempat yang telah disediakan.