Home Bisnis DPR Desak Penghapusan Bagasi Gratis Ditunda

DPR Desak Penghapusan Bagasi Gratis Ditunda

203
0

Dihapuskannya bagasi gratis di beberapa maskapai Indonesia rute domestik menimbulkan berbagai reaksi. Tidak hanya masyarakat, Komisi V DPR RI pun ikut bersuara. Dalam kesimpulan rapat kerja antara DPR RI bersama Kementerian Perhubungan, mereka meminta agar kebijakan ini ditunda.

Hal itu diungkapkan oleh anggota Komisi V DPR Sigit Sosiantomo Selasa (29/1). Penundaan pemberlakuan bagasi berbayar dilakukan hingga kajian ulang tentang kebijakan tersebut selesai. Kemampuan masyarakat dan kelangsungan industri penerbangan nasional juga perlu dipertimbangkan.

Kemenhub juga diminta untuk melakukan pengkajian ulang terhadap komponen dalam penentuan tarif pesawat udara. Diharapkan agar tarif tersebut tidak memberatkan masyarakat. Koordinasi dengan kementerian/lembaga terkait juga perlu ditingkatkan. Hal ini untuk memformulasikan ulang besaran komponen tarif batas atas dan batas bawah. Antara lain terkait harga avtur, pajak dan bea masuk suku cadang.

Seperti diketahui, beberapa maskapai berbiaya rendah sudah menerapkan bagasi berbayar. Lions dan Wing Air sudah memulainya sejak 22 Januari lalu. Setelah dua maskapai tersebut, Citilink akan menyusul pada 8 Februari mendatang. Dengan begitu, penumpang hanya boleh membawa bagasi kabin seberat 7 kg.