Home News Eka Tjipta Meninggal, Dunia Usaha Berduka

Eka Tjipta Meninggal, Dunia Usaha Berduka

100
0

Pendiri perusahaan tersohor Sinarmas Group, Eka Tjipta Widjaja baru saja menghembuskan nafas terakhirnya dalam usia hampir mencapai 100 tahun. Beliau yang merupakan termasuk pengusaha terkaya di Indonesia tersebut, dikabarkan telah banyak menorehkan prestasi di bidang bisnis dan usaha.

Kekayaannya hingga tahun 2018 bahkan ditaksir mencapai hampir 14 miliar dollar Amerika. Menurut berbagai sumber, pengusaha Eka merintis usahanya dari yang paling kecil.

Beliau memulai usaha dari nol ketika pada tahun 1930-an mulai bekerja di toko kecil kepunyaan sang ayah di kota Makasar, Sulawesi Selatan. Dia sendiri diketahui merupakan seorang imigran dari China.

Sejak usia 15 tahun, dia sudah melakukan usaha dagang yang dilakukannya sendiri di kota tersebut. Kemudian di penghujung tahun 60-an, beliau memiliki inisiatif untuk merambah usahanya ke bidang kopra yang diberi nama Bitung Manado Oil.

Beberapa tahun berselang, bapak Eka mulai mendirikan sebuah pabrik bernama Tjiwi Kimia yang dalam fase perjalanannya berubah menjadi pabrik kertas Sinarmas hingga saat ini. Tidak cukup hingga disitu, mendiang Eka juga memulai bisnis properti yang diberi nama PT Duta Pertiwi.

Waktupun lambat laun berjalan, saat mendiang kemudian merambah usaha-usaha lainnya yang mencakup bidang perbankan, telekomunikasi dan pabrik kertas.

Trik-trik bagaimana cara mengontrol keuangan pernah pula diberikan dengan mengatakan, bila Rp 100 keuntungannya, maka yang dikeluarkan tidak boleh kisaran Rp 90.

Selamat jalan, Bapak Eka Tjipta.