Home News Gelombang Tinggi Masih Ancam Perairan Indonesia

Gelombang Tinggi Masih Ancam Perairan Indonesia

184
0

Peringatan dini gelombang tinggi di berbagai perairan Indonesia kembali dikeluarkan. Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Jakarta, gelombang tinggi ini akan terjadi hingga akhir Januari.

Berdasarkan pergerakan angin, BMKG menemukan ada pertemuan angin yang memanjang dari wilayah Sumatera bagian selatan, Laut Jawa, Bali, NTB hingga NTT. Monsun angin dingin di Asia masih kuat. Suhu muka laut di wilayah perairan juga masih hangat. Ini menyebabkan penguapan dan pertumbuhan awan cukup tinggi.

Masyarakat di pesisir pantai dan nelayan pun perlu mewaspadai adanya potensi gelombang 2,5 hingga 4 meter. Bahkan, di beberapa wilayah perairan seperti Kepulauan Natuna, Laut Jawa Bagian Timur hingga Sumbawa berpotensi gelombang tinggi 4 sampai 6 meter.

Selain itu, dampak dari tingginya curah hujan juga harus diwaspadai. Sebab bencana seperti banjir, longsor, banjir bandang serta angin kencang meningkat di akhir Januari 2019. BMKG pun berharap masyarakat terus mengupdate informasi dari BMKG dan instansi terkait lainnya untuk memastikan.