Home News Genderang Perang Meksiko –AS Ditabuh? Pentagon Kirim Ribuan Militernya Ke Perbatasan

Genderang Perang Meksiko –AS Ditabuh? Pentagon Kirim Ribuan Militernya Ke Perbatasan

524
0

Untuk mendukung para petugas termasuk agen Pabean dan Perlindungan Perbatasan di wilayah perbatasan, pihak Pentagon akan mengirimkan sebanyak hampir 4000 tentara ke perbatasan Meksiko.

Rencananya, para pasukan ini akan ditugaskan selama tiga bulan. Namun beberapa pihak menyatakan misi tersebut akan selesai pada tanggal 30 September 2019.

Sebenarnya langkah pengerahan pasukan  ini pertama kali telah disetujui oleh Kongres pada bulan Oktober tahun lalu. Tidak hanya itu, strategi itu juga ternyata disetujui oleh para supporter Donald Trump dan para politisi di kubu Republik.

Dalam prakteknya, militer yang diperbantukan itu akan menjalankan kamera pengintai di beberapa wilayah sensitif di perbatasan seperti Texas, New Mexico, California dan Arizona.

Di samping itu, mereka juga akan membuat rangkaian kawat besi berduri sepanjang kira-kira 240 kilometer.

Selama ini Pemerintahan Donald Trump sangat sensitif dengan permasalahan perbatasan yang kerap digunakan untuk menyelundupkan manusia dari negara-negara Amerika Latin ke negeri paman sam tersebut.  Bahkan dalam kampanye Presiden beberapa tahun silam, isu pendirian tembok perbatasan mencuat ke permukaan dan mengundang kontroversinya.

Sang presiden berulangkali menyebutkan niatan membangun tembok luas di perbatasan untuk mencegah terjadinya penyelundupan tersebut. Namun niatannya itu ditentang oleh pihak kongres Amerika yang kemudian membuatnya sangat geram dan memerintah untuk menutup pemerintahan selama satu bulan. Penutupan itu dikenal dengan istilah Shutdown.