Home News Grace Natalie Geram Dengan Intoleransi di Indonesia

Grace Natalie Geram Dengan Intoleransi di Indonesia

619
0

Grace Natalie, Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mengungkapkan secara blak-blakan bahwa telah terjadi fenomena yang cukup mengkhawatirkan dan membahayakan bagi terjalinnya persatuan dan kesatuan masyarakat di Indonesia.

Grace Natalie yang usulkan pencabutan SKB 3 Menteri soal tempat ibadah tersebut, menamakan hal yang teramat mencemaskan itu dengan sebutan normalisasi intoleransi. Grace Natalie bahkan mengungkapkan bahwa fenomena normalisasi intoleransi tersebut akan dapat memecah persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Normalisasi intoleransi adalah suatu istilah yang selama ini diusung oleh Sandra Hamid, seorang peneliti perempuan.

Ungkapan kekhawatiran ini Grace Natalie ucapkan saat dia memberikan pidatonya di lokasi Festival 11 Yogyakarta yang mengambil tempat di Graha Pradipta Jogja Expo Center pada hari Senin kemarin. Agenda tersebut dihadiri oleh ribuan kader, pengurus serta simpatisan pada partai yang kerap mengkaitkan dengan partai anak muda tersebut (golongan milenial).

Dalam pidatonya, Grace Natalie yang mantan presenter SCTV ini juga sempat menyebut ada nasionalis gadungan serta membeberkan bahwa orang yang sudah mati pun menjadi sasaran intoleransi.

Dalam keterangan yang Grace Natalie tulis sendiri, dirinya sangat menyesalkan adalah pembiaran penyerangan kepada kelompok minoritas yang berbeda keyakinan, penyegelan tempat ibadah, meruaknya berbagai ceramah yang berisikan kebencian.

Fenomena tersebut, menurut Grace Natalie, sayangnya telah menjadi suatu kelumrahan di mata masyarakat. Grace Natalie juga mengkritisi suatu fenomena pemikiran hitam-putih, kaum kita- musuh kita yang selama ini tumbuh subur di masyarakat.

Karena itulah, Grace Natalie berjanji bahwa dirinya tidak akan membiarkan normalisasi intoleransi itu berkembang di dalam masyarakat yang teramat majemuk ini. Dirinya akan berjuang untuk melawan fenomena tersebut karena perjuangan tersebut merupakan cita-cita luhur didirikannya partai tersebut yaitu anti intoleransi.

Bahkan pernyataan Grace Natalie yang dituangkan pada kesempatan tersebut juga menegaskan bahwa perlawanan intoleransi yang sangat berbahaya bagi keutuhan kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia akan menjadi prioritas utama partainya tersebut.