Home News Gurame Satu-Satunya Ikan Yang Mampu Bertahan di Sungai Australia

Gurame Satu-Satunya Ikan Yang Mampu Bertahan di Sungai Australia

108
0

Ikan gurame bagi warga Indonesia mungkin menjadi salah satu ikan favorit untuk disantap. Namun lain lagi halnya di Australia, ikan air tawar tersebut ternyata dianggap sebagai hama oleh warga setempat.

Seperti diketahui, beberapa hari lalu hampir sebanyak satu juta ekor ikan di sungai Australia yang bernama Darling River terlihat mati mengambang. Namun yang menakjubkan, ikan gurame menjadi satu-satunya ikan yang sanggup bertahan dan tidak mati.

Akan tetapi, bukannya senang mendengar berita tersebut, warga Australia justru menganggap ikan jenis gurame merupakan suatu ancaman dan hama karena dapat menghancurkan kehidupan ekosistem ikan-ikan asli Australia tersebut.

Bahkan pada tahun 2015, wakil Perdana Menteri negara Australia Barnaby Joyce sempat memberikan sebutan kepada ikan jenis gurame tersebut sebagai ikan pemakan lumpur yang menjijikkan dan karenanya harus dibasmi.

Menurut pakar lingkungan Australia, jutaan ikan asli mati akibat tumbuhnya ganggang secara besar-besaran yang telah menghabiskan persediaan zat oksigen di dalam air.

Menurut Jamie Allnutt, koordinator National Carp Control Plan/NCCP, ikan jenis gurame dapat mempertahankan diri meskipun berada dalam temperatur yang cukup ekstrim dan air dengan kualitas buruk serta pasokan oksigen yang sedikit. 

Ia pun lebih jauh mengatakan bahwa ikan gurame itu seringkali menampakkan diri ke permukaan dengan tujuan untuk mendapatkan udara baru.