Home Sport Hakim ICC Mundur Akibat Mendapat Ancaman AS

Hakim ICC Mundur Akibat Mendapat Ancaman AS

142
0

Lagi-lagi arogansi Amerika Serikat mencuat lagi ke permukaan. Kali ini korban sikap arogansinya adalah seorang hakim yang telah senior yang bertugas di International Criminal Court (Mahkamah Pidana Internasional) di kota Den Haag, Belanda.

Hakim yang bernama Christoph Flugge tersebut akhirnya memutuskan untuk mengundurkan diri dari jabatannya setelah dikabarkan bahwa negeri paman sam tersebut sempat mengancam dengan beberapa hal pada saat dirinya tengah melakukan investigasi terhadap kejahatan perang yang dilakukan Amerika di negara Afghanistan. Yang mengancam adalah John Bolton, seorang penasehat keamanan untuk presiden Donald Trump.

Penyelidikan dilakukan setelah mendengar desas-desus pihak militer Amerika beserta agen intelijen CIA melakukan penyiksaan para tawanan yang tertangkap di Afghanistan. fakta adanya penyiksaan itu telah diungkap oleh Fatou Bensouda, jasa penuntut pada mahkamah tersebut.

Bahkan hakim senior tersebut mengatakan bahwa para hakim termasuk dirinya yang menyelidiki dugaan penyiksaan para tahanan Afghanistan telah diancam untuk tidak dapat lagi bepergian ke Amerika Serikat. Selain itu, mereka juga kemungkinan akan terkena pidana oleh pengadilan di Amerika.

Seperti diketahui sebelumnya, John Bolton menyerukan ancaman-ancaman tersebut  setelah pihak Mahkamah Pidana Internasional memulai investigasi terhadap kasus penyiksaan sebanyak 88 tawanan di Afghanistan dan di luar Afghanistan yang dilakukan oleh pasukan AS dan CIA.