Home Kesehatan Hari Ini Adalah Hari Bersejarah Bagi Susu Kental

Hari Ini Adalah Hari Bersejarah Bagi Susu Kental

50
0

Siapa sih yang tidak kenal dengan susu kental manis yang begitu banyak beredar dan dijual di pasaran? Hampir semua orang Indonesia dipastikan pernah melihat atau mungkin menikmati lezatnya susu jenis tersebut.

Iya, secara umum minuman susu sudah lama dikenal umat manusia bahkan sejak ribuan tahun yang lalu. Pakar bidang arkeologi memperkirakan manusia telah memanfaatkan jenis minuman bergizi tersebut sejak 10.000 sebelum masehi pada saat manusia memutuskan untuk tidak hidup berpindah-pindah lagi, alias mulai menetap di suatu kawasan sambil memanfaatkan perahan susu dari binatang ternak yang dimiliki.

Menurut arkeolog juga, bangsa Eropa telah mengkonsumsi susu sejak 5000 sebelum masehi, alias kira-kira 7000 tahun silam.

Lambat laun teknologi untuk memanfaatkan minuman tersebut mulai ditemukan dan dikembangkan. Dan tepat pada tanggal 31 Januari 1851, susu kental secara resmi dipromosikan ke khalayak ramai setelah ditemukan pertama kali oleh Gail Borden yang berasal dari negeri Paman Sam. Si penemu berhasil membuat alat yang memiliki tekstur seperti ketel, namun terbuat dari tembaga, yang sanggup mengentalkan susu cair dalam prosesnya.

Sebelumnya, dirinya merasa tertantang untuk menjaga kualitas susu perahan selama beberapa hari, karena susu sebaiknya dikonsumsi dalam keadaan yang masih segar. Membuat susu menjadi kental, ternyata lumayan dapat mempertahankan kesegaran minuman susu.

Setelah Gail memperoleh hak patennya, pengolahan susu cara uniknya kemudian tersebar ke sejumlah negara bagian di Amerika Serikat dan akhirnya ke dunia.