Home News Industri 4.0 Penegasan Terhadap Pembangunan SDM Tanah Air

Industri 4.0 Penegasan Terhadap Pembangunan SDM Tanah Air

495
0

Pada debat presiden semalam yang menghadirkan calon presiden Jokowi dan rival politiknya Prabowo Subianto, calon presiden Jokowi sempat menyinggung mengenai industri 4.0 yang harus bertumpu kepada pengembangan dan pertumbuhan sumber daya manusia di tanah air.

Menurutnya dengan membangun SDM yang mumpuni dan kredibel merupakan syarat yang tidak bisa dilepaskan dalam menghadapi industri 4.0 dengan berbagai peluang yang ada seperti dunia yang serba instant, artificial intelligence, advance robotic, big data dan lain sebagainya.

Dalam debat terkait revolusi industri 4.0 itu juga, Jokowi sempat memberikan contoh mengenai e-commerce untuk memasarkan hasil-hasil produk pertanian secara online, supaya para petani dapat memotong biaya distribusi dan karenanya bisa mengambil keuntungan secara optimal dan relasi antara petani dengan pembeli akan semakin terbangun akrab.

Selain itu, dalam menyongsong industri 4.0 ini, pemerintah Indonesia juga tengah mempersiapkan usaha kecil, usaha super mikro melalui pemberdayaan online sistem, supaya masyarakat Indonesia tidak ketinggalan dengan perkembangan masyarakat dunia lainnya.