Home News Ingin Independen, Gerakan Separatis Papua Melobi PBB

Ingin Independen, Gerakan Separatis Papua Melobi PBB

129
0

Berbagai upaya terus dilakukan kelompok separatis di Papua untuk mendapat dukungan dunia internasional. Baru-baru ini, kelompok tersebut telah mengirimkan sebuah petisi khusus kepada Ketua Hak-Hak Asasi Manusia pada organisasi Persatuan Bangsa Bangsa.

Menurut gerakan tersebut, petisi diklaim telah mengandung hampir dua juta tanda tangan yang berisi keinginan mereka agar diadakan pemungutan suara mengenai pemisahan wilayah dari negara kesatuan Republik Indonesia.

Benny Wanda, Ketua organisasi yang bernama United Liberation Movement for West Papua, sekaligus mengharapkan agar organisasi internasional tersebut dapat mengutus sebuah tim solid untuk melakukan investigasi ke provinsi Papua Barat terkait dugaan adanya pelanggaran hak-hak asasi manusia yang menimpa warganya.

Benny juga mengungkapkan bahwa di Papua telah terjadi pembunuhan besar-besaran yang menargetkan warga Papua. Bahkan menariknya, dia sempat mengklaim bahwa warga di kawasan tersebut tidak lagi memiliki kebebasan untuk berbicara dan mengutarakan pendapat serta kebebasan untuk berkumpul.

Baginya penyerahan petisi merupakan cara yang tepat untuk menggugah kesadaran organisasi tersebut perihal pelanggaran nilai-nilai demokrasi di wilayahnya.

Dalam kesempatan tersebut, ketua gerakan tersebut juga mengklaim bahwa sebanyak puluhan ribu warga Papua terlantar dan belasan orang tewas akibat tindakan pasukan militer Indonesia.