Home Kesehatan Ingin Selalu Bahagia Setiap Hari? Yuk Ikuti Resep Sang Biksu Ini!

Ingin Selalu Bahagia Setiap Hari? Yuk Ikuti Resep Sang Biksu Ini!

389
0

Siapa sih yang tidak ingin hidupnya bahagia, apalagi setiap hari?

Kebahagiaan hidup di dunia merupakan dambaan setiap insan. Hanya saja sebagian orang kerap berfikir untuk memperoleh kebahagiaan akan ditentukan oleh jumlah materi yang dimiliki. Tentu saja pendapat ini tidak selalu benar, karena ternyata banyak keluarga merasa bahagia meskipun dirundung kemalangan dan kemiskinan.

Intinya kebahagiaan tidak pernah mengenal batasan kaya atau miskin, tua atau muda dan lain-lain.

Nah, untuk semakin memantapkan kita memperoleh kebahagiaan, tidak salahnya kita intip resep-resep spiritualitas dari sang biksu Budha yang bernama Matthieu Richard, berkewarganegaraan Perancis yang dijuluki orang paling bahagia sedunia. Ia kini menetap di dataran Tibet, Cina dan berusia hampir 70 tahun.

Konon, menurut penelitian yang dilakukan saat biksu Matthieu melakukan meditasi dengan ratusan kabel yang sengaja dipasang di bagian kepalanya, diketahui otak sang biksu amatlah ringan.

Berikut resep-resepnya yang telah berhasil dikumpulkan :

  • Jangan Terus Menerus Memikirkan ‘’Aku’’

Matthieu berpendapat bahwa kerap memikirkan ego sendiri sangat membuat rasa capek dalam hidup. Dan tentu saja hal itu akan berdampak, kita tidak akan bahagia. Apalagi dengan selalu memikirkan diri kita sendiri, kita seakan-akan memandang dunia yang kita tinggali merupakan sebuah ancaman dan hambatan.

  • Otak pun Ternyata Harus Dilatih Seperti Layaknya Olahraga Lari

Sang biksu selalu meyakini bahwa otak pun mesti dilatih perlahan-lahan untuk bisa mencapai rasa bahagia tersebut. Ibarat sedang mengikuti perlombaan lari yang memerlukan latihan, maka otak juga harus dilatih. Beliau bahkan mengatakan bahwa terdapat perbedaan nyata antara otak yang dilatih dan yang tidak.

  • Belajarlah Untuk Bersabar

Hidup tidaklah bersifat instan. Hiduplah bukan seperti anak kecil yang menjerit-jerit untuk minta benda mainan yang harus terkabul detik itu juga. Menurut sang biksu, hidup bahagia itu ibarat membuat selai buah-buahan, akan selalu memerlukan proses yang panjang dari proses menanam buah-buahan hingga menjadi selai. Begitu pun halnya dengan kebahagiaan hidup.

  • Gunakan Seperempat Jam Untuk Membayangkan Sesuatu Yang Menggembirakan

Sang biksu mengungkapkan bahwa dengan memikirkan dan membayangkan kejadian-kejadian yang membuat kita tersenyum selama seperempat jam setiap hari, maka otak kita akan terlatih dan emosi tidak akan secara mudah terprovokasi. Selain itu, dengan memikirkan segala sesuatu yang indah-indah, maka kita akan memiliki cara pandang yang baik dan positif.