Home Sport Jatuh Miskin, Venezuela Terpaksa Jual Cadangan Emasnya

Jatuh Miskin, Venezuela Terpaksa Jual Cadangan Emasnya

50
0

Akibat didera krisis ekonomi dan politik yang tak kunjung usai, negara Venezuela akhirnya terpaksa akan menjual sebanyak 15 ton cadangan emas yang disimpan di bank sentralnya ke negara Uni Emirat Arab dalam hitungan hari mendatang. Emas itu rencananya akan dibeli menggunakan mata uang euro, dan bukan dollar.

Menurut salah seorang pejabat senior di negara Amerika Latin tersebut, sebenarnya transaksi penjualan tersebut itu telah dilakukan pada 26 Januari yang lalu di mana negaranya telah menyerahkan sebanyak 3000 kilogram emas kepada negara di teluk Persia tersebut. Selain itu, Venezuela juga telah mengirimkan emas tidak murni seharga ratusan juta dollar kepada pemerintah Turki.

Total emas yang rencananya akan dijual Venezuela kepada Uni Emirat Arab  sebanyak hampir 30 ton. Hal tersebut dilakukan untuk menyelamatkan perekonomian dalam negeri yang sedang berada dalam ambang kehancuran.

Transaksi penjualan ini tak pelak membuat marah pejabat di Amerika Serikat. Salah seorang senator dari partai Republik sempat mengancam Kedutaan Besar Uni Emirat Arab di ibukota Washington DC bahwa siapa saja yang membeli cadangan emas dari negara yang dipimpin oleh Presiden Nicolas Maduro tersebut, berhak mendapatkan sanksi dari negeri paman Sam tersebut.