Home News Jepang Pun Ternyata Masih Mau Belajar dari Indonesia

Jepang Pun Ternyata Masih Mau Belajar dari Indonesia

75
0

Selama ini Indonesia dikenal luas oleh masyarakat dunia sebagai negara yang ikut sukses memberantas terorisme global dengan melakukan berbagai pendekatan multilateral, regional maupun bilateral. Hal ini nampaknya cukup beralasan, Indonesia dianggap sebagai negara yang masih rawan tindakan terorisme berkedok agama. Karena itulah, penguatan segala bidang untuk mengurangi ancaman tersebut telah diupayakan secara maksimal oleh pemerintah Indonesia, dengan melibatkan fungsi intelijen sebaik mungkin di masyarakat.

Kemarin, delegasi dari pihak kepolisian Jepang termasuk beberapa orang staf dari Kedutaan Besar Jepang di Jakarta sempat berkunjung ke markas kepolisian daerah Jawa Barat dan ikut melihat-lihat sistem kerja ruang Command Center di kantor tersebut. Mereka nampak antusias mendengar penjelasan yang disampaikan oleh pihak kepolisian Indonesia.

Rupanya menurut salah satu pejabat kepolisian Indonesia di tempat tersebut memaparkan bahwa orang-orang Jepang tersebut datang untuk melakukan pembelajaran komparatif dengan membandingkan upaya-upaya pemerintah Indonesia dalam menangkal isu terorisme yang nihil pada perhelatan Asian Games di Jakarta dan Palembang dan pertemuan raksasa negara-negara anggota organisasi terkemuka International Monetary Fund dan World Bank di propinsi Bali tahun lalu.