Home News Jokowi Mengatakan Tidak Ada Kebakaran Hutan, Disanggah oleh Greenpeace

Jokowi Mengatakan Tidak Ada Kebakaran Hutan, Disanggah oleh Greenpeace

2151
0

Isu kebakaran hutan yang diangkap calon presiden Joko Widodo pada debat presiden tadi malam, sempat membuat tanda tanya kepada LSM greenpeace. Pasalnya Jokowi memastikan bahwa selama tidak tahun terakhir ini dalam periode pemerintahannya, kebakaran hutan di Indonesia tidak terjadi lagi.

LSM yang kemudian membuat kicauan di akun resmi twitternya tersebut, kontan saja menyanggah pernyataan calon presiden dari nomor urat dua itu dengan mengatakan bahwa kebakaran hutan masih saja terjadi di Indonesia dan kejadian itu berlangsung setiap tahun.

Sanggahan Greenpeace inipun ditanggapi oleh pihak Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan bahwa telah terjadi penurunan yang cukup signifikan jumlah kebakaran hutan di tingkat domestik. Di samping itu, kementerian tersebut juga menjelaskan bahwa isu asap lintas batasan negara yang mampu melumpuhkan aktivitas ekonomi pada masyarakat, juga tidak terjadi.

Bahkan menurut pihak Kementerian yang kini dipimpin oleh Ibu Siti Nurbaya Bakar ini, Indonesia tidak lagi mengirimkan asap akibat kebakaran hutan kepada negara tetangga sejak tahun 2017.  Hal ini disebabkan oleh penanganan cepat yang dilakukan aparat pemerintah yang begitu tanggap menghadapi isu kebakaran hutan.