Home News Kasus Mirip, Buni Yani Susul Ahmad Dhani 1 Februari

Kasus Mirip, Buni Yani Susul Ahmad Dhani 1 Februari

300
0

Satu lagi kasus pelanggaran Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) akan dieksekusi. Setelah Ahmad Dhani, giliran Buni Yani yang akan mendekam di penjara. Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Buni Yani dalam acara Aksi Solidaritas Ahmad Dhani Rabu (30/1).

Dia mengatakan jika salinan putusan kasasi dari Mahkamah Agung (MA) sudah diterima. Kasusnya pun sudah inkrah atau berkekuatan hukum tetap. Dalam salinan putusan itu disebutkan ada dua keputusan. “Satu kasasi saya ditolak dan kasasi itu jaksa penuntut umum, karena dua-duanya mengajukan kasasi, itu ditolak. Jadi dua-duanya ditolak,” ujarnya.

Meski begitu, dia belum mengetahui di lembaga permasyarakatan (lapas) mana dirinya akan dikirim. Meski begitu, Buni Yani menganggap eksekusi ini melampaui wewenang Jaksa. Sebab menurutnya dalam putusan kasasi itu tidak ada perintah hakim kepada jaksa untuk menahan dirinya. Dia pun akan melakukan perlawanan karena menganggap jaksa melebihi wewenang. Meski begitu dia tetap akan memenuhi panggilan.

Buni Yani sendiri divonis 18 bulan oleh Pemerintah Negeri Bandung. Dia dinyatakan melanggar Pasal 32 Undang-Undang tentang UU ITE karena mengunggah potongan video Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok ketika masih menjabat Gubernur DKI pada Oktober 2016. Video yang berdurasi 1 jam 48 menit itu dipotong menjadi 30 detik. Perbaikan kasasi yang diajukan Buni Yani juga ditolak MA sejak 26 November 2018