Home News Keterangan Pasien HIV Terungkap, Menkes Negara Singapura Merasa Menyesal

Keterangan Pasien HIV Terungkap, Menkes Negara Singapura Merasa Menyesal

232
0

Berita bocornya keterangan dan data-data para pengidap HIV di Singapura membuat Menteri Kesehatan, Gan Kim Yong harus meminta maaf.

Sebelumnya diketahui, data-data yang bocor ke internet itu merupakan informasi mengenai belasan ribu orang yang tengah mengidap virus yang menyerang kekebalan tubuh manusia tersebut hingga tahun 2011.

Pelaku pembocoran diduga adalah seseorang berkewarganegaraan Amerika Serikat bernama Mikhy Farrera Brochez yang pernah berdiam di negara itu selama tujuh tahun (2008-2016).

Dikabarkan, pelaku tersebut juga pernah sempat dipenjarakan pada dua tahun lalu akibat terlibat masalah penipuan dan penyalahgunaan narkotika.

Diduga Mikhy dibantu oleh seseorang yang berprofesi sebagai dokter di Singapura bernama Leer Teck Siang. Dokter tersebut dianggap memiliki akses kepada seluruh informasi yang terkait para pasien penderita HIV. Kini, dokter tersebut tengah diproses secara hukum oleh pengadilan setempat.

Selain menyesali kejadian memalukan tersebut, menteri Kesehatan Singapura tersebut berjanji akan bertindak tegas kepada staf yang diketahui melanggar profesionalitas dan menyalahgunakan otoritas yang diberikan terkait akses terhadap semua data-data rahasia tersebut.