Home Bisnis Kontainer Masuk ke Pelosok Perkampungan, Impian Jokowi

Kontainer Masuk ke Pelosok Perkampungan, Impian Jokowi

479
0

Tol laut yang selama ini digagas Presiden RI Joko Widodo berupaya  menghubungkan antar ribuan pulau di kawasan NKRI melalui pembangunan dan peningkatan infrastruktur di laut.

Hal tersebut salah satunya bertujuan agar barang-barang produksi dapat diangkut dan didistribusikan secara cepat ke berbagai pelosok wilayah untuk menghindari perbedaan harga yang mencolok.

Di antara tindak lanjut pembangunan tol laut ini adalah sebuah program bernama Kontainer Masuk Desa, di mana, menurut Direktur MARIN (Maritime Research Institute Nusantara/ Institut Riset Kemaritiman Nusantara) Bapak  Makbul Muhammad, hal tersebut bertujuan untuk menegaskan pentingnya membangun konektivitas pedesaan, terutama dalam bidang ekonomi.

Makbul menginginkan bahwa konsep ini diharapkan akan dapat menjamin pasokan barang di wilayah desa serta memudahkan akses marketing hasil bumi pedesaan ke wilayah lainnya.

Untuk  implementasinya pertama kali, program Kontainer Masuk Desa direncanakan akan menargetkan sebuah bernama desa Essang yang berada di kabupaten Talaud, provinsi Sulawesi Utara.

Dikabarkan bahwa MARIN dan Direktorat Jenderal Perhubungan Kelautan telah menyelenggarakan pengenalan program tersebut beberapa hari yang lalu.