Home News Krisis Venezuela, Presiden Bolivia Kecam Sidang DK PBB

Krisis Venezuela, Presiden Bolivia Kecam Sidang DK PBB

60
0

Evo Morales, Presiden Bolivia mengkritisi dengan sangat keras adanya rencana rapat Dewan Keamanan Persatuan Bangsa-Bangsa mendatang mengenai krisis politik yang tengah bergejolak di negara tetanganya Venezuela. Menurutnya, sidang itu hanya merupakan sebuah bentuk intervensi masyarakat internasional atas problem dalam negeri suatu negara.

Bahkan dalam akun twitternya, Morales secara tidak langsung mengecam upaya Amerika Serikat yang berinisiatif atas rapat pada Dewan Keamanan PBB tersebut usai usahanya menentukan presiden tandingan bagi rakyat Venezuela ditolak sendiri oleh angkatan bersenjata dan warga.

Rencananya dalam pertemuan nanti, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo akan meminta para negara anggota untuk mengakui Juan Guaido, figur pesaing satu-satunya Presiden Nicolas Maduro,  sebagai presiden Venezueala yang sah dan mendapatkan legitimasinya.

Perlu diketahui, masa kepresidenan ad interim Juan Guaido rupanya telah mendapat dukungan sekitar dua belas negara, mayoritas adalah negara-negara Amerika Latin dan pastinya Amerika Serikat sendiri. Menariknya, Rusia, Cina dan beberapa negara lainnya masih memberikan dukungannya kepada Nicolas Maduro.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here