Home News Langkah Jitu Indonesia Mempertahankan Inflasi Tetap Rendah di Tahun 2019

Langkah Jitu Indonesia Mempertahankan Inflasi Tetap Rendah di Tahun 2019

116
0

Masalah inflasi merupakan masalah yang selama ini menjadi kepedulian serius pada negara-negara di dunia tidak terkecuali Indonesia. Mayoritas negara, baik negara maju maupun negara berkembang akan senantiasa berupaya keras menurunkan nilai inflasi hingga ke titik terendahnya di negara masing-masing, atau setidaknya menjaga agar level inflasi tetap rendah untuk mendukung pertumbuhan ekonomi nasional secara terus-menerus dan terbuka.

Indonesia sebagai negara berkembang, juga telah mempersiapkan beberapa langkah strategis  dalam mempertahankan level inflasi untuk tetap rendah. Seperti diketahui sebelumnya, inflasi di Indonesia masih tergolong aman dan masih berada dalam kisaran kurang dari 4 persen pada awal tahun ini.

Langkah-langkah yang akan diambil pemerintah Indonesia dan Bank Indonesia tersebut antara lain dengan melakukan pengontrolan secara maksimal terhadap inflasi yang terkait dengan harga bahan makanan yang mudah berubah-ubah, dengan tetap menyediakan harga bahan makanan yang terjangkau masyarakat, menjamin pasokan bahan berikut menjamin kelancaran konstribusinya ke berbagai pelosok negeri, serta melakukan komunikasi antar semua pemangku kepentingan.  

Selain itu, juga perlu dibuat Roadmap mekanisme untuk mengontrol inflasi dalam negeri secara keseluruhan yang mencakup juga pengendalian inflasi di level provinsi/daerah berdasarkan roadmap yang telah ditentukan.

Selain itu, yang tidak kalah pentingnya adalah menguatkan tingkat koordinasi antara pemerintah pusat di Jakarta dengan pemerintah pusat di daerah dengan mekanisme pelaksanaan sebuah Rapat Koordinasi Nasional yang melibatkan para pemangku kepentingan.