Home Lifestyle Langkah-Langkah Melakukan Transaksi ATM di Luar Negeri Yang Disarankan

Langkah-Langkah Melakukan Transaksi ATM di Luar Negeri Yang Disarankan

331
0

Liburan tahun baru imlek sebentar lagi akan tiba.  Sejumlah warga Indonesia yang memiliki tabungan cukup, nampaknya sudah mempersiapkan diri mereka untuk pergi melancong ke beberapa destinasi luar negeri. Ada yang pergi ke Singapura, Malaysia, Thailand, bahkan ada juga yang memutuskan musim liburan tersebut ke Jepang dan Korea Selatan.

Hanya saja terkadang uang yang dibawa seorang turis Indonesia di luar negeri, tiba-tiba habis tak tersisa. Memang sudah menjadi ketentuan internasional, uang tunai akan dibatasi dalam jumlah tertentu saat bepergian ke luar negeri.

Akan tetapi, banyak cara yang bisa dilakukan untuk menepis kebingungan akibat kehabisan bekal uang, misalnya menarik uang di ATM yang banyak tersebar di negara setempat.

Nah, supaya transaksi di mesin itu berjalan dengan mulus, ada beberapa tip yang perlu diperhatikan saat melakukan transaksi di mesin ATM di luar negeri :

  • Langkah pertama yang paling penting adalah mencari tahu apakah ATM tersebut telah membuka kerjasamanya dengan Bank Indonesia atau belum. Seperti diketahui, bank sentral yang berfungsi untuk menjaga nilai tukar rupiah tetap stabil itu, telah mengadakan sejumlah kerjasama dalam bidang perbankan dan keuangan dengan beberapa bank di luar negeri. Artinya, warga Indonesia yang memiliki kartu ATM berlambang dan bertuliskan Visa, Plus, Cirrus, MasterCard, ATM bersama, dapat menarik sejumlah tabungan di ATM tersebut. Jadi, tak ada alasan untuk menjadi bingung lagi!
  • Langkah kedua adalah berusaha mencari tahu nilai kurs pada saat itu juga, untuk menghindari nilai kerugian akibat perbedaan kurs yang lumayan tajam antara ATM dan pertokoan, misalnya.  Karena itulah, bagaimanapun juga pada saat berbelanja, disarankan untuk menggunakan kartu kredit atau kartu debit karena rate pada toko-toko biasanya sedikit lebih kecil alias bukan rate yang berlaku pada saat itu.  
  • Perlu juga mengecek batasan maksimal sebuah ATM. Meskipun setiap negara memiliki batasan  maksimal uang yang dapat ditarik sendiri-sendiri, namun tetap saja negara-negara tersebut juga pasti akan memberlakukan batasan maksimal berapa uang yang dapat ditarik, seperti halnya di Indonesia. Mengetahui batasan maksimal akan sedikit memberikan gambaran hal-hal apa saja yang harus dilakukan dalam mengisi liburan di negara dimaksud.
  • Perlu diperhatikan juga berapa biaya administrasi setiap kali penarikan, supaya mencegah kita berfikir dua kali untuk menarik uang lebih dari satu kali di ATM. Di Indonesia, biaya adminstrasi terbilang cukup murah, sekitar Rp 6500, akan tetapi di luar negeri biaya itu akan membengkak menjadi puluhan ribu rupiah, tergantung ketentuan negara masing-masing
  • Dianjurkannya melakukan transaksi di ATM untuk menghindari transaksi di tempat penukaran valuta asing, yang biasanya  memberlakukan rate yang lumayan cukup mencekik persediaan tabungan .
  • Saldo di dalam ATM pastinya harus cukup sebelum dilakukan transaksi. Hal ini berguna pada waktu kita memerlukan keberadaan ATM di saat-saat yang amat mendesak¬† atau pada saat menyusuri keindahan suatu negara dan bekal kita habis.