Home News Mahfud Md Paparkan Alasan Ahok Tak Mungkin Menggantikan Cawapres Maruf Amin

Mahfud Md Paparkan Alasan Ahok Tak Mungkin Menggantikan Cawapres Maruf Amin

545
0

Beredarnya berita mengejutkan bahwa Calon wakil presiden dari nomor urut 1, KH. Ma’ruf Amin akan digantikan oleh Basuki Tjahaja Purnama mengundang Mahfud Md untuk berkomentar.

Selain menyebut berita tersebut sebagai hoak, Mahfud Md juga menjelaskan bahwa ada permainan tingkat tinggi yang ingin merusak kepercayaan publik kepada pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 1 tersebut.

Walaupun begitu, Mahfud Md mengakui rada sulit menjerat si penyebar berita bohong tersebut. Mahfud Md juga memaparkan bahwa pergantian Maruf Amin dengan Ahok merupakan berita hoak karena ketentuan itu telah diatur oleh pasal-pasal 221 hingga 238 yang melarang hal tersebut.

Mahfud Md juga mengungkapkan bahwa hoaks semacam itu hanya ingin membuat keributan politik. Menurutnya, akan sulit menggantikan seorang Cawapres apabila dilihat dari kacamata hukum, baik itu penggantian itu dilakukan sebelum pemungutan suara maupun sesudah pemilihan umum presiden.

Mahfud Md juga memaparkan ancaman kurungan penjara bagi pelanggaran itu adalah 5 tahun dan denda sebanyak Rp 50 miliar. Sementara itu, dirinya juga membeberkan bahwa jika Parpol yang menarik, maka akan dikenakan denda Rp 100 miliar dan hukuman penjara selama 6 tahun.