Home News Masyarakat Jangan Berharap Banyak Pada Debat Kedua Kandidat Presiden Nanti

Masyarakat Jangan Berharap Banyak Pada Debat Kedua Kandidat Presiden Nanti

338
0

17 februari 2019 nanti mungkin akan banyak ditunggu-tunggu oleh sebagian besar penduduk Indonesia. Pasalnya, pada hari itu debat kedua calon dan wakil Presiden yang menampilkan pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno akan kembali digelar oleh Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU).

Rencananya, debat itu akan disiarkan secara live oleh empat stasiun televisi swasta dan berlokasi di hotel Sultan, Jakarta Pusat.

Banyak publik yang menyatakan kekecewaannya pada debat pertama yang diselenggarakan pada 17 Januari 2019 silam dengan tema pemberantasan korupsi dan terorisme, dan penegakkan hak-hak asasi manusia itu. Masyarakat beranggapan bahwa agenda debat dimaksud tidak begitu berkualitas.

Namun untuk debat kedua ini, kembali rasa pesimis ditunjukkan oleh para pengamat politik. Salah satunya adalah Veri Junaidi, Ketua Konstitusi dan Demokrasi Inisiatif (Kode Inisiatif) yang sempat mengatakan bahwa masyarakat umum sebaiknya tidak boleh terlalu banyak berharap pembahasan pada debat akan dilakukan secara mendalam.

Veri beralasan bahwa singkatnya waktu yang dialokasikan serta beragamnya topik yang akan dibahas akan menjadikan debat hanya berputar-putar kepada kulitnya saja, alias tidak pada substansi.

Seperti diketahui sebelumnya, beberapa tema seperti pembangunan infrastruktur, sumber daya alam, energi, pangan serta lingkungan hidup menjadi isu sentral dalam acara debat mendatang.