Home Lifestyle Menjelang Imlek, Para Murid di Cina Didorong Untuk Memelihara Tubuh Ideal

Menjelang Imlek, Para Murid di Cina Didorong Untuk Memelihara Tubuh Ideal

147
0

Kira-kira satu minggu lagi, seluruh warga keturunan Cina di seluruh dunia akan merayakan tahun baru Imlek.

Namun di negara Cina dimana negara tirai bambu tersebut masih menghadapi epidemik berat badan berlebih (obesitas), menjelang hari berbahagia tersebut, sekolah akan diliburkan.

Menariknya, pemerintah wilayah Cina Timur telah memberikan wejangan khusus agar para murid dapat menjaga bobot tubuh, alias tetap memelihara tubuh ideal selama mereka berada di rumah menghabiskan liburan.

Bahkan jika ketika mereka kembali ke dalam kelas dalam keadaan berat badan yang naik, maka mereka akan dihukum dengan cara harus berpartisipasi dalam mata pelajaran olahraga.

Ketentuannya adalah jika berat badan mereka naik sebanyak dua kilo gram, maka mereka diwajibkan untuk berlari setiap harinya.

Mereka juga, terutama bagi para murid Sekolah Menengah Pertama Hangzhou di propinsi Zheijang, diharuskan untuk melakukan penimbangan berat badan sebelum mereka menghabiskan waktu liburannya.

Menurut seorang guru di sekolah tersebut, peraturan tersebut diberlakukan agar mereka lebih memperhatikan lagi mengenai resiko seseorang yang mengalami berat badan.

Namun untungnya, berdasarkan pengakuan seorang murid, mayoritas murid telah mempunyai berat badan yang lumayan ideal.

Siswa yang lain bahkan mengatakan, berat badannya akan bertambah jika dirinya berada di sekolah mengingat makanan di kantin sekolah yang sangat enak, membuat para murid untuk tetap melahap meskipun sudah kekenyangan.

Di negeri panda tersebut, berdasarkan sebuah penelitian pada tahun 2017, anak-anak yang kegemukan akan mencapai jumlah yang sangat fantastis, yaitu 50 juta anak pada tahun 2030 nanti.  

Karenanya tak mengherankan, para guru diwajibkan untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan senam di sekolah mereka.