Home News Ngetwit, Ahmad Dhani Dipenjara 18 Bulan

Ngetwit, Ahmad Dhani Dipenjara 18 Bulan

275
0

Vonis penjara 18 bulan akhirnya diberikan kepada musisi sekaligus politisi Ahmad Dhani. Suami Mulan Jameela ini diputuskan bersalah dalam kasus ujaran kebencian (hate speech) lewat media sosial.

Hakim Ketua Ketua H Ratmoho membacakan vonis tersebut di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (28/1). Ahmad Dhani dinyatakan bersalah  karena  melanggar Pasal 45A Ayat 2 juncto Pasal 28 Ayat 2 Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik juncto Pasal 55 Ayat 1 KUH.

Ahmad Dhani terbukti bersalah melakukan tindak pidana dengan sengaja menyebarkan informasi yang membuat masyarakat resa serta memiliki potensi untuk menimbulkan perpecahan. Meski demikian,  vonis tersebut lebih rendah daripada tuntutan yang diajukan oleh jaksa penuntut umum (JPU) yakni 2 tahun.

Beberapa barang bukti berupa flashdisk yang berisi screenshoot cuitan Ahmad Dhani, telepon seluler lengkap dengan simcard, email serta akun Twitter @AHMADDHANIPRAST juga turut disita untuk kemudian dilenyapkan.