Home News Niagara Menjadi Es Akibat Suhu Ekstrim

Niagara Menjadi Es Akibat Suhu Ekstrim

58
0

Musim dingin tahun ini telah menimbulkan suhu ekstrim di sebagian wilayah Amerika Serikat, walapun bukan yang paling ekstrim dalam sejarah iklim di negeri paman sam tersebut.  

Kejadian unik yang membuat sejumlah kawasan tersebut lebih dingin dari kawasan antartika  itu disebabkan oleh sebuah fenomena yang disebut dengan vortex sebagai akumulasi udara yang berada di bawah suhu es. Suhu ekstrim sempat tercatat di wilayah Dakota Utara dan Minnesota yang mencapai puluhan celcius di bawah nol.

Tak pelak, selain dikabarkan bahwa suhu ekstrim tersebut telah menewaskan beberapa orang, sungai-sungai yang berada pada kawasan dingin itu ikut-ikutan membeku, tak terkecuali air terjun kebanggaan warga Amerika Serikat dan warga Canada, Niagara yang memiliki ketinggian total 51 meter itu. Sebagai informasi, air terjun Niagara berlokasi di garis perbatasan internasional yang memisahkan antara kedua negara tersebut di kawasan Amerika Utara.

Akibatnya, sebagian uap nampak melayang ke atas karena beradunya udara dingin ekstrim dengan temperatur air yang lebih hangat.

Beberapa bongkah es dari hasil membekunya air sungai yang menuju Niagara membuat air terjun tersebut terlihat indah dan sedap dipandang mata, dengan adanya dekorasi alam berupa pepohonan serta bebatuan sungai yang tampak putih tertutup salju.