Home Lifestyle Nian, Monster Legenda Malam Imlek

Nian, Monster Legenda Malam Imlek

250
0

Jadi mengapa orang Cina atau etnis Tionghoa merayakan Imlek seperti yang mereka lakukan? Mengapa orang memasang dekorasi merah dan petasan ringan? Kisah-kisah ini berasal dari ribuan tahun yang lalu. Berikut ini adalah kisah legenda tentang Nian, monster ikon pada malam Tahun Baru Cina.

Suatu hari, seorang pengemis datang ke kota untuk mencari perlindungan karena diganggu oleh Nian. Tetapi semua orang tidak ada yang mau menolong dan malah bergegas pergi meninggalkan kota. Hanya seorang wanita tua yang mau membantunya dan dia berjanji akan mengusir Nian. Dia membawa pengemis itu pulang. Mereka berdua menyibukkan diri dengan mendekorasi rumah setiap warga kota dengan kertas merah.


Pada tengah malam, Nian berjalan tertatih-tatih tetapi berhenti ketika melihat kertas merah di pintu. Saat meraung marah, petasan tiba-tiba terdengar dan bergetar ketakutan. Ketika melihat pengemis yang mengenakan pakaian merah dan menertawakannya, ia hanya bisa melarikan diri.

Penduduk desa kembali keesokan harinya dan terkejut bahwa rumah-rumah masih berdiri. Mereka menyadari bahwa suara keras dan warna merah adalah kryptonite Nian.

Inilah sebabnya, pada Malam Tahun Baru, keluarga makan malam di rumah mereka yang dibentengi oleh dekorasi merah. Di tengah malam, petasan terdengar. Selain itu, orang akan mengenakan pakaian merah baru dan meriah untuk merayakan.