Home News Ormas Islam Terbesar Indonesia NU Hari Ini Lahir

Ormas Islam Terbesar Indonesia NU Hari Ini Lahir

364
0

Hari ini bertepatan dengan hari lahirnya Nahdlatul Ulama atau yang lebih disingkat NU, organisasi Islam terbesar di Indonesia tepatnya tanggal 31 Januari 1926.

Saat itu, dunia Islam diresahkan oleh munculnya ajaran pemurnian agama yang digagas oleh kelompok Wahabi yang secara keras menolak adanya asimilasi budaya lokal dengan kemurnian Islam.

Sikap tersebut ternyata ditolak oleh beberapa komunitas Islam di Indonesia.

Karena itulah untuk menindaklanjuti penolakan tersebut, diselenggarakanlah sebuah Kongres bernama Kongres al Islam di kota Yogyakarta pada tahun 1925. Dalam kongres tersebut disepakati beberapa poin penting diantaranya perlunya memberikan kebebasan memilih mazhab dan memupuk kepeduliaan terhadap warisan tradisional.

Pada tanggal 31 Januari 1926 maka berdirilah organisasi Nahdlatul Ulama yang diketuai oleh KH Hasyim Asy’ari sebagai wadah perhimpunan para ulama dalam memimpin dan mengayomi umat Islam di Indonesia saat itu, demi terwujudnya kemuliaan agama.

Beberapa waktu kemudian, kakek dari almarhum Gusdur, mantan presiden RI tersebut sempat memformulasikan sebuah kitab bernama kitab Qanun Asasi (hukum dasar) serta kitab mengenai kepercayaan Ahlussunah wal Jamaah.

Organisasi Nahdlatul Ulama pun lambat laun diterima oleh masyarakat luas. Menariknya pada tahun 1935, organisasi yang terkenal moderat ini mengungkapkan sebuah konsep strategis bernama Darussalam (pintu/bumi perdamaian) yang mempromosikan keberagaman serta tidak mewajibkan berdirinya suatu negara Islam.  

Organisasi tersebut diketahui pernah mengeluarkan resolusi Jihad untuk menghadapi penjajah Inggris yang mulai berdatangan ke kota Surabaya. KH.Hasyim Asy’ari mengajakan para santri di pesantren-pesantren untuk mempertahankan tanah air dari para penjajah asing.

Pada masa sekarang, sejumlah tokoh organisasi NU telah menjadi figur penting pada perpolitikan di Indonesia.