Home Lifestyle Pajak Online, Memudahkan Pengecekan Pajak Kendaraan, Ada Trik-Triknya!

Pajak Online, Memudahkan Pengecekan Pajak Kendaraan, Ada Trik-Triknya!

567
0

Pengecekan pajak online pastinya akan memudahkan para pengendara, baik roda dua maupun empat untuk mengecek pajak mereka melalui jaringan internet secara simpel dan mudah.

Sudah menjadi hal yang lumrah diketahui, membayar pajak merupakan suatu kewajiban. Memiliki kendaraan oleh masyarakat artinya masyarakat pun secara tidak langsung tengah berhutang kepada pemerintah dalam pembayaran pajak. Ternyata metode dan proses pembayaranpun tidaklah begitu rumit, bahkan terkesan sangat mudah. Fasilitas pajak online merupakan jawaban dari semua proses tersebut.

Seperti diketahui sebelumnya, pajak kendaraan bermotor atau yang lebih disingkat dengan PKB adalah pajak yang harus dibayarkan oleh para pemilik kendaraan bermotor. Namun ternyata, besar pajak pun ditentukan oleh beberapa hal termasuk faktor nilai (harga) kendaraan yang selama ini dimiliki; dan faktor level adanya potensi polusi udara yang dihasilkan plus kerusakan yang mungkin ditimbulkan saat menggunakan infrastruktur, misalnya.

Pajak Kendaraan pun ternyata memiliki dua jenis durasi pembayaran, yaitu pajak tahunan dan pajak lima tahunan.

Untuk masyarakat yang mempunyai kendaraan pribadinya, maka fasilitas cek pajak online akan mampu mempermudah masyarakat untuk mengecek melalui jaringan internet. Kabarnya, prosesnya pun selain mudah, juga terkesan sangat cepat, dimana data-data yang berhubungan dengan wajib pajak kendaraan akan diperoleh melalui pengiriman SMS, website maupu mobile application.

Nah, menariknya untuk mengetahui metode pajak online, maka masyarakat kini tak perlu lagi menyambangi kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap, atau yang lebih disingkat dengan SAMSAT, apalagi untuk berdiri antre selama bermenit-menit menunggu giliran pembayaran pajak. Masyarakat cukup memeriksa pajak online dengan masuk kepada website Samsat yang berada di daerah masing-masing.

Namun sayangnya, hanya ada beberapa wilayah saja yang seluruhnya berada  di pulau Jawa yang telah bisa menggunakan fasilitas pajak online ini, termasuk provinsi DKI Jakarta, provinsi Jawa Barat,  provinsi Jawa Tengah, provinsi Jawa Timur dan provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sebagai tambahan informasi, sebelum pajak online disosialisasikan, masyarakat pun telah begitu akrab dengan program-program online lainnya termasuk cek plat nomor polisi online, djp online 2019,  e-filing pajak 2019, spt tahun 2019, laporan pajak tahunan online, isi pajak online lain sebagainya.