Home News PBB Meminta Agar Panglima Militer Myanmar Diproses Secara Hukum

PBB Meminta Agar Panglima Militer Myanmar Diproses Secara Hukum

115
0

Dalam kasus pembantaian massal kelompok etnis Muslim Rohingya, Investigator Hak Asasi Manusia PBB menyimpulkan bahwa panglima militer negara Myanmar harus sesegera mungkin diproses secara hukum.

Sang panglima diketahui telah terlibat dalam kejahatan genosida kepada kempok minoritas yang terjadi di negara tersebut.  

Pernyataan ini dianggap merupakan pertama kalinya organisasi PBB secara terang-terangan mendesak agar panglima yang teridentifikasi bernama Min Aung Hlaing tersebut diadili karena tindakan brutalnya.

Sebelumnya, misi pencari fakta organisasi tersebut juga pernah mengusulkan agar panglima tersebut beserta lima jenderal negara Myanmar lainnya untuk dituntut karena telah melakukan kejahatan terburuk dalam bayang-bayang hukum internasional.

Seperti diketahui, sejak bulan Agustus dua tahun silam, ratusan ribu orang dari etnis muslim Rohingya harus kabur dari tempat tinggalnya di Rakhine di perbatasan Myanmar dan Bangladesh demi menghindari tindakan brutal pasukan bersenjata Myanmar. Mereka dikabarkan pergi mengungsi ke negara-negara tetangga dan menetap di sejumlah kamp penampungan yang tidak layak lagi untuk ditinggali.