Home Lifestyle Pegawai Bergaji Standar UMR Pun Bisa Miliki Properti, Kok Bisa?

Pegawai Bergaji Standar UMR Pun Bisa Miliki Properti, Kok Bisa?

64
0

Sudah menjadi rahasia umum, upah minimum regional (UMR) yang diterima masyarakat sudah lagi tidak mampu mewujudkan rumah idaman. Harga properti di Indonesia semakin hari ke hari mengikuti tingkat inflasi, sementara UMR tidak kunjung naik juga.

Tapi tenang saja dulu, karena menurut Ligwina Hananto, seorang Trainer bidang keuangan, pegawai UMR-pun ternyata bisa membeli rumah idaman.

Dia menjelaskan bahwa jika seorang pegawai berpenghasilan UMR berkomitmen untuk menyisihkan sebanyak 20 hingga 30 persen penghasilannya setiap bulan guna membayar uang muka terlebih dahulu, maka impian untuk memperoleh rumah baru akan mungkin sekali terwujud.

Selain itu, Ligwina juga menganjurkan agar THR atau bonus yang diterima seorang karyawan, juga tak lupa disisihkan dengan jumlah yang sama.

Dari hasil tabungan selama tiga tahun secara berkesinambungan, maka si karyawan akan dapat mengumpulkan uang untuk membayar uang muka KPR rumah terlebih dahulu dengan kisaran harga Rp 30 juta-an.

Intinya, ia menyimpulkan, seorang pegawai bergaji UMR-pun dalam tiga tahun akan memiliki rumah idaman.

Di samping itu juga, dia dapat mengikuti program pemerintah mengenai kepemilikan properti dengan uang muka sebesar 0 persen.