Home News Penggunaan GPS Di Jalanan Akan Membahayakan Keselamatan

Penggunaan GPS Di Jalanan Akan Membahayakan Keselamatan

43
0

Mahkamah Konstitusi yang akhirnya menolak gugatan uji materi Undang-Undang nomor 22 tahun 2009  mengenai penggunaan GPS (Global Positioning System), ternyata mendapat dukungan oleh Kepolisian Daerah Metro Jaya.

Menurut pihak Polda, apabila penggunaan tersebut diperbolehkan, maka akan menimbulkan kecelakaan yang tidak hanya menimpa si pengendara, tetapi juga si pejalan kaki yang kebetulan sedang melintas.

Seperti diketahui sebelumnya, gugatan tersebut diajukan oleh pihak komunitas Toyota Soluna yang berisi keberatan jika undang-undang tersebut diterapkan.  

Bahkan menurut Herman Ruswandi, Kepala Sub direktorat Pembinaan dan Penegakkan Hukum, keputusan Mahkamah Konstitusi tersebut sangatlah cocok. Dirinya juga menilai bahwa undang-undang tersebut akan memberikan penolakan terhadap inisiatif apapun dalam perjalanan yang terbukti malah akan bisa menimbulkan marabahaya bagi keselamatan si pengguna lalu lintas.

Bersandar atas penolakan tersebut, pihak kepolisian mengajak para warga masyarakat yang tengah mengendarai kendaraannya, untuk tidak memakai mobile phone nya, termasuk penggunaan Global Positioning System.

Menurut Bapak Kompol Herman selaku Kasubdit, si pelanggar akan dikenakan 2 bulan penjara serta harus membayar denda sebesar Rp 250 ribu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here