Home News Populasi Indonesia Makin Meningkat, Ternyata Menciptakan Peluang

Populasi Indonesia Makin Meningkat, Ternyata Menciptakan Peluang

57
0

Jumlah penduduk Indonesia terutama kelompok pemuda yang akan meningkat pada lima tahun mendatang, tidak akan menjadi momok menakutkan bagi pemerintah Indonesia terutama terkait dengan masalah pengangguran.

Justru, tambahan populasi tersebut akan semakin memacu pemerintah Indonesia untuk berupaya melebarkan kesempatan kerja bagi kelompok muda tersebut.

Menurut menteri Perancanaan Pembangunan Nasional yang juga merangkap sebagai Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro memaparkan bahwa negara Indonesia semestinya dapat memanfaatkan peningkatan populasi tersebut.

Beliau juga menjelaskan bahwa tambahan populasi tersebut diperkirakan akan terjadi pada tahun 2020 hingga tahun 2025, di mana kebanyakan warga Indonesia merupakan muda-mudi dengan usia yang produktif untuk bekerja. Masih menurutnya, strategi yang tepat untuk memaksimalkan tambahan populasi tersebut adalah dengan mengerahkan segala potensi demi pembukaan kesempatan kerja seluas-luasnya.

Selain itu, beliau juga menambahkan bahwa untuk tahun 2019 ini pemerintah Indonesia akan berkonsentrasi selain dengan penciptaan lapangan kerja, juga dengan peningkatan produkltivitas sekaligus memastikan bahwa seluruh masyarakat Indonesia, termasuk warga yang berada di daerah-daerah terpencil akan memiliki cara untuk memperoleh pekerjaan yang sesuai.

Beliau juga mengharapkan dengan strategi tersebut, maka permasalahan pengangguran akibat sulitnya mencari lapangan kerja layak yang selama ini dialami para pemuda Indonesia, lambat laun akan terkikis seiring berjalannya waktu.

Dia menjelaskan di negara-negara maju, level pengangguran tidak lebih dari 4 persen.