Home Bisnis Rayuan Indonesia Supaya Cina Mau Investasi di Dalam Negeri

Rayuan Indonesia Supaya Cina Mau Investasi di Dalam Negeri

53
0

Cina merupakan negara yang cukup aktif dan agresif melebarkan investasinya di negara-negara berkembang, termasuk Indonesia. Menariknya, perang dagang antara Amerika Serikat dan Cina yang masih berlangsung, ternyata membuka secercah harapan bagi peningkatan investasinya ke Indonesia.

Iya, Indonesia menjadi salah satu negara yang dibidik oleh Cina dalam melakukan ekspansi bisnisnya setelah investasi Cina di AS lumayan terkendala sebagai konsekuensi logis dari perang dagang tersebut. Begitu juga sebaliknya, investasi AS di Cina juga mengalami hambatan yang berarti.

Karena itulah, Badan Koordinasi Penanaman Modal Indonesia yang yang lebih disingkat BKPM sudah menyiapkan jurus-jurus menggiurkan untuk lebih mengarahkan investasi negeri tirai bambu itu ke Indonesia.

Menurut kepala badan negara tersebut, Thomas Lembong, dia akan mengusahakan agar BKPM dapat lebih meningkatkan mitra kerjanya dengan perhimpunan manufuktur dan industris mebel dalam negeri. Setelah terjalin kemitraan, mereka akan disarankan untuk mengikuti roadshow ke salah satu kota strategis Cina, Yong Chuan. Rencananya di kota tersebut, pihak BKPM akan memfasilitasi perusahaan mebel yang ada di sana untuk melakukan kunjungan ke provinsi Jawa Tengah.

Tidak hanya itu, langkah berikutnya adalah pihaknya juga akan mengajak perhimpunan fashion Cina untuk mau bertandang ke Indonesia, agar mereka tertarik untuk mengeksplor lebih jauh potensi fashion di dalam negeri.

Sementara jurus terakhir yang akan dilakukan pemerintah Indonesia adalah dengan mengadakan komunikasi interaktif mengenai pemberian insentif pada saat pihak dari Cina memutuskan untuk merelokasikan industri mereka ke dalam negeri.

Masih menurut Thomas Lembong, telah ada sejumlah pabrik yang berkeinginan untuk memindahkan investasinya ke tanah air termasuk perusahaan terkenal asal Taiwan bernama Pegatron yang bergerak dalam bidang elektronik.